Waspada Obat Pelangsing Berisi Telur Cacing

September 14, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in News • Tags: , , , , , , ,  






Cara diet sehat semakin ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia, lihat saja berita mengejutkan yang saya dapatkan ini! Jamu pelangsing berisi telur cacing! Pasti Anda bertanya-tanya apa fungsi telur cacing ini? Sudah pasti untuk memakan seluruh nutrisi yang ada dalam tubuh Anda sehingga Anda akan kurus, benar akan kurus tapi berbahaya dan tidak sehat tentunya.

Berikut berita lengkapnya yang dikutip dari Detik.com

Jakarta, Risiko efek samping minum jamu ilegal bukan cuma dipicu oleh penambahan bahan kimia obat saja. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat, telur cacing juga pernah ditambahkan dalam jamu pelangsing agar efeknya cepat kelihatan.

“Logikanya sederhana, jamu yang mengandung telur cacing itu diminum dan diharapkan cacingnya tumbuh. Kan orangnya jadi kurus karena cacingan,” Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplementer BPOM, Drs Bahdar Johan, MPharm, dalam talkshow di BPOM, Kamis (6/9/2012).

Setelah kurus, biasanya pasien disuruh minum obat cacing untuk mengeluarkan cacing-cacing yang sudah selesai ‘menunaikan tugas’ melangsingkan tubuh.

Kasus ini diakui Bahdar memang temuan lama dan saat ini diyakini jamu tersebut sudah tidak beredar lagi. Namun Bahdar tetap mengingatkan, jamu hanya memberikan efek secara bertahap melalui pemakaian rutin dan justru harus diwaspadai kalau efeknya terlalu cepat atau tidak wajar.

Menambahkan telur cacing dalam jamu pelangsing jelas membahayakan pasien, sebab selama cacingan pasien itu rentan mengalami kurang gizi. Di dalam tubuh, cacing adalah parasit yang akan membajak penyerapan nutrisi sehingga wajar kalau tubuh jadi kurus meski memang tidak sehat.

Selain telur cacing, jamu pelangsing juga sering dicampur bahan kimia obat. salah satunya adalah sibutramine, obat pelangsing yang saat ini sangat dibatasi penggunaannya karena bisa berbahaya kalau digunakan tanpa pengawasan dokter.

Diakui juga oleh Bahdar, jamu ilegal dengan kandungan bahan kimia obat yang paling banyak dilaporkan memicu efek samping adalah jamu pelangsing. Ada banyak efek sampingnya tergantung jenis bahan kimia obat yang ditambahkan, salah satunya bisa memicu gagal ginjal.

Karena itu Bahdar berpesan, konsumen yang ingin mengonsumsi jamu khusunya jamu kemasan harus memperhatikan label nomer registrasinya. Jamu yang sudah mendapat nomor registrasi berarti bukan jamu ilegal, sudah diperiksa dan dijamin keamanannya oleh BPOM.

(up/ir)

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/09/06/135321/2010064/763/parah-jamu-pelangsing-kok-isinya-telur-cacing

Ingat, tubuh ideal bukan sekedar sedap dipandang mata tapi juga harus sehat luar dan dalam. Lakukan diet sehat dengan pola makan sehat untuk mencapai tubuh ideal yang Anda dambakan. Lupakan cara-cara instan yang berbahaya yang sudah pasti akan merugikan tubuh Anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Waspada Obat Pelangsing Berisi Telur Cacing
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap