Waktu Terbaik Melakukan Kardio

December 9, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  







Banyak trainer dan fitness mania yang berkata bahwa waktu terbaik melakukan kardio adalah di pagi hari dengan perut kosong.

Begitu juga di beberapa buku panduan diet menulis hal serupa. Namun apakah benar melakukan kardio dengan perut kosong di pagi hari akan efektif membakar lemak?

Coba Anda bayangkan ketika bangun pagi dan belum sarapan apa-apa Anda sudah harus bersiap untuk jogging atau berlari demi membakar lemak yang menimbun di tubuh.

Jika tujuan Anda adalah weight loss atau menurunan berat badan maka hal tersebut benar, namun ingat ini weight loss di mana berat terdiri atas otot dan lemak sehingga jika berat Anda turun ada kemungkinan massa otot Anda ikut turun. Namun jika tujuan utama Anda adalah fat loss atau menurunkan kadar lemak tubuh maka kardio dengan perut kosong di pagi hari kurang tepat.

cardio_morning

Ketika bangun di pagi hari tubuh telah berpuasa selama 6-8 jam tidak makan dan minum sehingga pada saat ini tubuh sangat kekurangan nutrisi dan dalam keadaan yang sangat baik untuk menyerap segala macam jenis nutrisi atau dalam istilahnya anabolic window/jendela anabolik. Tubuh sedang dalam kondisi kritis sehingga harus cepat diisi dengan nutrisi seperti protein dan karbohdrat untuk mencegah katabolik.

Melakukan latihan kardio dalam kondisi tersebut akan sangat membahayakan otot Anda. Latihan kardio memerlukan energi yang besar dan ketika Anda melakukannya dengan perut kosong artinya tubuh Anda tidak memiliki bahan bakar untuk melakukan aktivitas tersebut sehingga otot Anda lah yang akan diambil sebagai sumber bahan bakar utama.

Pertanyaannya adalah mengapa otot dan bukan lemak yang dijadikan bahan bakar? Ketika bangun bagi tubuh membutuhkan nutrisi yang cepat diserap, sedangkan otot memerlukan waktu yang lama untuk dapat diubah menjadi tenaga. Akhirnya otot yang menjadi sasaran sebab mudah diubah menjadi energi. Mengerikan bukan?

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menyantap sarapan bergizi segera setelah bangun tidur, konsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang cukup. Whey protein merupakan hal utama yang dibutuhkan sebab dapat langsung diserap kurang dari satu menit. Setelah tubuh mendapatkan cukup bahan bakar Anda dapat melakukan latihan apa saja dengan aman.

Dapatkan suplemen whey protein berkualitas asli dealer resmi di situs ini.

Waktu terbaik untuk melakukan kardio adalah setelah berlatih beban. Setelah berlatih beban seluruh sumber karbohidrat dalam tubuh sudah terpakai habis sehingga ketika Anda melakukan kardio dengan intensitas sedang tubuh akan mengambil cadangan lemak sebagai sumber energi. Inilah yang kita inginkan yaitu membakar lemak tubuh. Tidak peduli apakah Anda seorang pria atau wanita latihan beban merupakan hal utama yang Anda butuhkan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Jadi mulai sekarang mulailah latihan beban dan lakukan kardio dengan benar agar pembakaran lemak dapat berlangsung optimal. Selamat mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Waktu Terbaik Melakukan Kardio
3 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap