Tips Vegetarian Sehat

November 16, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , ,  

Pages: 1 2








Vegetarian sering dianggap tidak dapat memenuhi standar gizi bagi tubuh mereka setiap harinya karena tidak mengkonsumsi daging. Namun para peneliti belakangan ini telah melakukan penelitian manfaat menjadi seorang vegetarian. Hasilnya adalah vegetarian cenderung terhindar dari berbagai macam penyakit dibanding orang yang mengkonsumsi daging.

Makanan makanan berbasis tumbuhan diakui tidak hanya mendapatkan kecukupan gizi saja tetapi juga sebagai cara untuk mengurangi resiko penyakit kronis. Makan makanan nabati terutama dapat menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu.

Vegetarian cenderung mengkonsumsi lebih sedikit lemak jenuh dan kolesterol di bandingkan dengan pemakan daging. Mereka akan mendapatkan sejumlah serat yang lebih tinggi serta vitamin dan mineral, yang memberikan kontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan indeks massa tubuh. Semua faktor-faktor tersebut berhubungan dengan umur panjang dan mengurangi resiko terjadinya penyakit kronis.

Tetapi menghindari makanan daging tidak akan menjamin kesehatan yang lebih baik apabila kita makan kebanyakan keju maupun lemak lainnya. Mengkonsumsi berbagai buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan makanan nabati adalah sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kelompok jenis vegetarian:

  1. Vegan adalah vegetarian total, makan makanan nabati saja. Mereka berasal dari hewan, termasuk daging, unggas, ikan, susu, telur, keju, dan madu.
  2. Lacto-ovo vegetarian tidak makan daging, unggas, atau ikan tetapi mengkonsumsi telur dan dairy product.
  3. Lacto-vegetarian menghindari daging, unggas, ikan dan dairy product tetapi makan telur.
  4. Persial Vegetarian menghindari daging merah, tapi dapat makan ikan (perco-vegetarian) atau unggas (pollo-vegetarian).

Selain itu, beberapa orang melakukan diet flexitarian yaitu makan dengan menganut diet vegetarian tetapi makan hidangan daging sesekali.

Meskipun kata vegetarian berarti sayuran dalam makanan, dalam prakteknya secara tradisional telah ditafsirkan berarti tidak adanya daging. Menurut The American Dietetic Association bahwa diet vegetarian dapat di rencanakan dengan tepat, termasuk vegetarian total atau diet vegan, yang sehat dengan gizi yang seimbang, dan dapat memberikan manfaat kesehatan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu.

Yang perlu diperhatian adalah perencanaan yang tepat saat kita memutuskan untuk mengambil langkah diet vegetarian. Usahakan untuk mendapatkan semua nutrisi penting untuk anda dari makanan berbahan dasar nabati. Dan bila perlu konsumsilah food supplement sesuai dengan kebutuhannya.

Orang yang mengikuti vegetarian dan khsusnya diet vegan mungkin mempunyai resiko kekurangan untuk mendapatkan jumlah yang cukup dari vitamin D dan K, dimana kedua nutrisi ini diperlukan untuk kesehatan tulang.

Seperti pada orang yang melakukan diet ketat dapat menyebabkan kekurangan zat gizi, maka mereka yang melakukan diet vegetarian juga harus memperhatikan agar mendapatkan kecukupan nutrisi. Berikut nutrisi penting yang dibutuhkan vegetarian:

Baca halaman selanjutnya, Tips Vegetarian Sehat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips Vegetarian Sehat
2 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap