Tips Fitness Sambil Berpuasa

July 19, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , , , , , ,  

Pages: 1 2








2. Ubah Pola Fitness Selama Berpuasa

Saat bulan puasa, ubah mindset Anda. Anda mungkin tidak bisa latihan dengan volume dan intensitas setinggi biasanya, namun gunakan kesempatan ini untuk menantang diri Anda agar tetap mempertahankan kondisi otot Anda sekarang. Penelitian membuktikan bahwa komposisi otot tubuh tidak akan menurun dengan latihan teratur dan strategi nutrisi serta istirahat yang tepat, sehingga Anda tidak perlu ragu bahwa bulan puasa akan menyusutkan otot-otot Anda1.

Selain itu, bulan puasa juga merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin membakar lemak berlebih yang selama ini menutupi sixpack Anda. Studi menunjukkan bahwa pada saat bulan puasa, terjadi pembakaran lemak tubuh lebih cepat. Hal ini dapat dikarenakan absennya karbohidrat yang biasa diperoleh dari menu makan sehari-hari yang tidak terpenuhi saat puasa sehingga memicu penggunaan simpanan lemak tubuh sebagai sumber energi.

Lakukan latihan pada malam hari. Secara fisiologis, latihan saat siang atau sore hari selama puasa tidak akan menghasilkan latihan yang optimal, karena tubuh tidak menerima asupan gizi. Peluang dehidrasi akan sangat tinggi, karena latihan di siang hari di saat suhu tinggi akan meningkatkan produksi keringat yang membawa keluar cairan tubuh. Kurangnya nutrisi saat siang juga akan menyebabkan kecukupan kadar glikogen otot tidak terpenuhi, sehingga latihan tidak akan maksimal karena kurangnya energi untuk aktivitas otot. Oleh karena itulah, lakukan latihan beban Anda setelah berbuka di malam hari.

3. Istirahat Untuk Performa Yang Lebih Baik
Selain aspek nutrisi, perubahan pola aktivitas dan pola tidur akan terjadi selama puasa karena menyesuaikan dengan jadwal berbuka dan sahur, yang dapat mengubah jam tubuh (circadian rhythms). Jam tidur yang kurang bisa saja terjadi karena kurang tidur saat malam dan harus bangun pagi saat sahur, dan penumpukan kurangnya jam tidur ini dapat menyebabkan gangguan tidur yang kronis. Studi menyimpulkan bahwa pada saat puasa, kurang tidur justru lebih mempengaruhi penurunan aktivitas fisik sehari-hari dibandingkan perasaan lapar atau haus.

Umumnya, siklus tidur akan yang terganggu di bulan Ramadan ini akan menyebabkan waktu tidur berkurang sampai di bawah 6 jam sehari. Hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati kondisi tersebut adalah dengan menyediakan waktu untuk tidur di siang hari. Studi menunjukkan bahwa pada sekitar jam 8 sampai jam 10 pagi, serta dari jam 12 sampai jam 2 siang terjadi peningkatan kadar rasa mengantuk pada saat bulan puasa. Anda dapat tidur pada jam-jam ini untuk mencukupi kebutuhan istirahat Anda demi performa latihan yang lebih optimum.

Puasa dan fitness akan membawa kesejukan bagi rohani maupun jasmani, oleh sebab itu lakukan keduanya dengan cara yang tepat sehingga manfaatnya akan benar-benar terasa. Suplemen untuk puasa yang paling penting adalah protein lepas berkala atau time release protein seperti MusclePharm Combat, Dymatize Elite Whey Fusion, Gaspari MyoFusion Pro-biotic, dan BSN Syntha-6. Dan untuk hasil yang maksimal padukan dengan suplemen multivitamin yang mengandung kandungan vitamin dan mineral yang lengkap seperti Ultimate Nutrition Daily Complete Formula dan Optimum Nutrition Opti-Men. Nantikan tips-tips berpuasa lainnya di RumahFitnes.com 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips Fitness Sambil Berpuasa
3 votes, 3.67 avg. rating (79% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap