Tips Bulking Sehat

September 2, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , , ,  






Pernahkah Anda mendengar istilah bulking? Banyak orang mengartikan bulking sebagai cara untuk menambah berat badan, hal tersebut benar hanya banyak orang salah dalam menjalani proses bulking. Bulking merupakan proses peningkatan berat badan sehingga tercapai berat yang melebihi berat badan ideal seseorang. Hal ini tidak berarti seseorang dapat memakan apapun yang diinginkannya, karena bulking berarti penambahan massa otot yang tidak diikuti oleh penambahan lemak yang berlebih.

Karena itu, dalam proses ini, seseorang perlu memiliki pola makan khusus. Jumlah karbohidrat yang masuk harus sebanding dengan protein. Perbandingannya kurang lebih sebagai berikut: Karbohidrat 40%, Protein 40%, dan Lemak Sehat 20%.

Selain itu, seseorang yang melakukan bulking harus banyak mengkonsumsi lemak tak jenuh, karbohidrat kompleks, dan juga makanan dengan kandungan serat dan protein tinggi. Karena bulking menyangkut proses pembentukan otot, maka diperlukan asupan protein yang tinggi. Sebaliknya, ada beberapa hal yang harus dihindari selama seseorang menjalani proses ini.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara bulking yang sehat:

1. Pilih Lemak Yang Baik

Tidak semua lemak baik untuk tubuh. Lemak-lemak seperti lemak jenuh atau lemak trans (trans-fat) dapat menghambat proses pembentukan otot sekaligus mengganggu proses metabolisme tubuh. Daging babi adalah contoh jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, sedangkan lemak trans dapat ditemui pada makanan-makanan seperti biskuit, kue, dan aneka gorengan.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein dan Berkarbohidrat Sehat

Protein merupakan hal penting dalam pembangunan otot, konsumsi sumber protein rendah lemak seperti dada ayam rebus tanpa kulit dan daging sapi. Tambahkan dengan suplemen tinggi protein untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Sebab sumber protein dari makanan saja bisa tidak cukup jika Anda tidak dapat menjaga asupan protein dari real food.

3. Milikilah Pola Latihan Dan Istirahat Yang Benar

Gunakan repetisi 6-8 dalam keadaan anda tidak mampu mengangkat lagi (failure) pada repetisi yang terakhir. Pilih beban yang sesuai dengan kemampuan sehingga pertumbuhan otot tubuh anda dapat maksimal. Selain porsi latihan yang benar, tubuh kita juga perlu istirahat yang cukup. Untuk itu, pastikan anda tidak lupa memberi tubuh anda jeda yang diperlukan.

4. Konsumsi Cukup Air

Air sangat penting fungsinya bagi proses metabolisme tubuh. Tanpa cukup air, tubuh kita tidak akan bekerja maksimal. Selain itu, air juga berfungsi mengangkut lemak supaya tidak ditimbun dalam tubuh kita. Konsumsi air secara rutin dalam jumlah yang disarankan, apalagi saat berlatih konsumsi lah air sebanyak mungkin agar tubuh tidak dehidrasi dan stamin Anda tetap terjaga. Jadikanlah air putih sebagai pilihan utama Anda.

5. Jangan Lupa Mengkonsumsi Vitamin Dan Mineral

Ultimate Nutrition Daily Complete FormulaSetiap hari, tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk menyerap makanan dengan baik. Selain itu, vitamin juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu menjalankan fungsi normal tubuh kita. Karena itu, mengesampingkan fungsi vitamin dan mineral adalah tindakan yang kurang bijaksana.

6. Tingkatkan Kadar Testosteron

Ultimate Nutrition Testostro Grow 2 HPJika usia anda diatas 30 puluh tahun, ada baiknya anda meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi suplemen alami sehingga pertumbuhan otot dapat maksimal. Jangan mengkonsumsi steroid baik dalam bentuk tablet, kapsul maupun injeksi.
(Baca: Efek Samping Penggunaan Steroid serta Mitos dan Fakta Steroid).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips Bulking Sehat
3 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap