Tips Berbuka Puasa Yang Baik dan Benar

July 29, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , , , ,  






Bagaimanakah cara berbuka puasa yang benar? Ketika saat berbuka tiba janganlah gegabah dengan langsung menyantap makanan dan minuman yang menurut Anda menggugah selera, ada baiknya mengikuti tips berbuka puasa yang baik dan benar berikut ini:

Ketika saat berbuka puasa tiba maka minumlah minuman yang hangat dan manis agar lambung Anda tidak kaget dan tidak menyebabkan terjadinya produksi gas yang berlebihan. Dengan minuman manis gula darah Anda akan kembali normal. Jauhi minuman bersoda dan dingin.

Santap buah-buahan yang manis seperti kurma, gula dalam buah apalagi dalam kurma sangat baik untuk mengaktifkan kembali metabolisme Anda serta mengembalikan energi Anda.

Jangan langsung menyantap hidangan utama, nikmati dahulu takjil berbuka puasa yang ada sebab pencernaan Anda membutuhkan penyesuaian sebelum diisi dengan makanan berat seperti nasi dan lain-lain.

Sesudah sholat maghrib barulah menyantap hidangan utama berbuka puasa, ingat nasi secukupnya agar tidak terjadi penumpukan karbohidrat berlebihan yang nantinya disimpan menjadi lemak. Nikmati makanan secara perlahan hal ini juga akan membantu pencernaan di lambung dan penyerapan gizi yang lebih optimal. Ingat berhentilah sebelum kenyang sebab rasa kenyang akan datang “terlambat” sebab sinyal kenyang yang dikirim oleh perut memerlukan waktu beberapa saat untuk sampai ke otak.

Setelah makan hidangan utama, istirahat sebentar sambil menunggu shalat isya dan tarawih. Saat ibadah selesai ditunaikan, Anda bisa menyantap hidangan utama bagi yang menunda makan hingga shalat tarawih atau menyantap menu ringan. Sesuaikan porsinya agar tidak berlebihan.

Saat waktu sahur sudah hampir berakhir, ada baiknya Anda mengkonsumsi suplemen multivitamin dan multimineral untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa nanti dan kombinasikan dengan suplemen time release protein yang merupakan suplemen dengan kandungan protein yang diserap secara berkala oleh tubuh. Sehingga selama berpuasa tubuh Anda akan terus diizi dengan nutrisi yang bermanfaat.

Semoga tips dan trik berbuka puasa ini bermanfaat :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Tips Berbuka Puasa Yang Baik dan Benar
2 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
 
© RumahFitnes.Com 2012 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap