Sumber Karbohidrat Sehat Selain Nasi Putih

December 11, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  






Sumber utama karbohidrat orang Indonesia adalah nasi putih. Dari anak-anak sampai orang tua setiap hari minimal 3x sehari pasti makan nasi putih. Padahal, pada masa sekolah dulu kita diajarkan bahwa makanan pokok orang Indonesia itu berbeda-beda, ada yang makan sagu, jagung, dan umbi-umbian. Namun kini dari Sabang sampai Merauke semua menyantap nasi putih.

Selain beras dan terigu, ada lebih dari 30 jenis aneka pangan lokal sumber karbohidrat. Misalnya saja jagung, grontol, umbi-umbian seperti talas, singkong, gadung, gembili, pisang, huwi, sukun, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, beras pun bukan cuma nasi putih, melainkan juga beras merah dan beras hitam, yang masih mengandung kulit ari sehingga kaya serat. Tingginya serat pangan pada umbi-umbian dan juga beras merah menyebabkan sumber pangan ini memiliki tingkat indeks glikemik (IG) lebih rendah sehingga dianjurkan untuk penderita diabetes.

Indeks glikemik merupakan indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Bahan pangan dengan IG rendah lebih aman untuk penderita diabetes dan obesitas.

Sebenarnya, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat dari buah-buahan dan sayuran. Selain sumber energi, sayur dan buah juga mengandung serat dan tidak cepat membuat gula darah melonjak. Salah satu jenis buah yang disarankan adalah alpukat. Bukan hanya IG-nya lebih rendah karena mengandung asam lemak tak jenuh yang baik, melainkan juga punya nilai potasium dan antioksidan yang lebih tinggi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Karbohidrat Sehat Selain Nasi Putih
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap