Selai Kacang Membantu Menurunkan Resiko Kanker Payudara

October 5, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition  






Tahukah kamu konsumsi selai kacang sejak remaja dapat mengurangi risiko mengidap tumor payudara saat dewasa. Tumor payudara merupakan benjolan non-kanker pada jaringan payudara. Kendati demikian, para pakar sepakat bahwa tumor payudara merupakan salah satu faktor risiko dari kanker payudara.

Dalam studi yang dipublikasi jurnal Breast Cancer Research and Treatment tersebut, para peneliti melibatkan 9.000 perempuan berusia 9 hingga 15 tahun. Peserta dipantau perkembangannya dari tahun 1996 hingga 2010, yaitu saat mereka sudah menjadi wanita dewasa muda.

Para peneliti menemukan, peserta yang rutin mengonsumsi selai kacang memiliki risiko 39 persen lebih rendah untuk mengembangkan tumor payudara.

Dr Graham Colditz, peneliti senior sekaligus direktur pencegahan dan pengendalian kanker di Siteman Cancer Center di Barnes-Jewish Hospital and Washington University School of Medicine mengatakan, hasil studi ini memberi harapan baru untuk membantu mencegah kanker payudara.

Tumor payudara, kata Colditz, cukup sering terjadi dan merupakan faktor risiko dari kanker payudara. Sebelum menopause, hampir satu dari empat wanita mengalami tumor payudara yang dikonfirmasi melalui biopsi.

Sangat jelas adanya hubungan yang kuat antara tumor dan risiko kanker payudara. Tumor dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga sepertiganya, peneliti mempelajari para peserta penelitian dalam periode waktu yang cukup lama. Selain mengukur risiko tumor, peneliti juga meminta peserta mengisi kuesioner tentang diet sehari-hari.

Peneliti pun memfokuskan pada protein dan lemak dari sayuran, termasuk selai kacang, kacang kulit, atau kacang-kacangan lain, dan jagung. Menurut mereka, sajian harian dari makanan-makanan ini berhubungan dengan penurunan 68 persen risiko tumor payudara, serta tiga sajian per minggu berhubungan dengan 39 risikonya.

Kendati demikian, para peneliti mengatakan, hubungan antara konsumsi makanan-makanan tersebut dan risiko tumor payudara bukanlah hubungan sebab-akibat. Pesan yang dapat diambil adalah sajian selai kacang lebih baik dipilih oleh remaja putri karena lebih menyehatkan daripada kue-kue.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Selai Kacang Membantu Menurunkan Resiko Kanker Payudara
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap