Plus Minus Kafein

January 16, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , ,  







Apa itu kafein? Kafein adalah sebuah senyawa kimia yang dapat mempengaruhi mood, pikiran dan fisik kita. Kafein membuat kita menjadi lebih bersemangat dan bertenaga, selain itu beberapa penelitian medis juga menunjukkan kafein berdampak positif terhadap sistem pernapasan. Menurut Majalah Marie Claire kafein ditunjukkan dapat meringankan gejala asma karena kafein memiliki senyawa yang sama dengan obat asma yaitu theophylline yang melonggarkan rongga pernapasan ke paru-paru.

Kafein juga memiliki efek sangat positif terhadap aliran darah ke otak, yang ketika mengembang, bisa menyebabkan sakit kepala. Karena sifat kafein yang mengerutkan rongga ini, sehingga bisa mengurangi rasa sakit di kepala. Meminum kopi dan minuman berkafein lain bisa membantu mengurangi resiko terkena dua tipe diabetes, berdasarkan penemuan Ann Intern Med, yang dikutip dari edisi Januari. Sebuah penelitian terhadap 126.000 pria dan wanita dilakukan, dan hasilnya menunjukkan kalau mereka yang sedikit mengkonsumsi kafein atau tidak sama sekali, kemungkinan besar beresiko terkena dua tipe diabetes dibanding yang mengkonsumsi secara aktif.

Keuntungan lain dari kafein adalah kemampuannya untuk mencegah atau menghentikan penyebaran kanker kulit. Peneliti di Amerika meraih hasil ini dengan cara melakukan eksperimen terhadap tikus yang terkena kanker kulit. Setelah kafein dimasukkan ke kulit tikus tersebut, para peneliti menemukan kalau kafein membunuh sel kanker secara efektif tanpa merusak kulit.

Dan yang lebih menyenangkan adalah mengkonsumsi kafein dapat membuat metabolisme tubuh lebih aktif bekerja, sehingga suhu tubuh akan naik dan pembakaran lemak dapat berlangsung lebih baik, oleh sebab itu kebanyakan pembakar lemak thermogenik akan menyertakan kafein dalam kandungan utama nya.

Lalu apa dampak negatif kafein?

Disamping berbagai manfaat yang didapatkan, kafein juga dapat memberikan efek negatif kepada tubuh. Wanita yang paling beresiko akibat bahaya utama karena mengkonsumsi kafein kerap dikaitkan dengan konsepsi dan kesehatan kandungan. Majalah Marie Claire menulis, “Wanita yang menkonsumsi 250 mg kafein setiap hari (sekitar dua dari tiga cangkir kopi) diperkirakan akan mengalami masa kehamilan yang lebih lama dan selama masa kehamilan, mengkonsumsi kafein sebanyak lima cangkir atau lebih sehari menggandakan resiko keguguran”.

Selain itu kafein juga dapat menyebabkan kecanduan. Orang yang sudah kecanduan kafein akan merasa tidak bersemangat dan tidak fokus ketika tidak mengkonsumsi zat ini. Disamping itu kafein akan berbahaya terhadapat penderita maag kronis sebab lambung penderita maag kronis sangat sensitif dan tidak dapat mentolerir kafein.

Lalu apakah kita boleh mengkonsumsi kafein? Kafein adalah zat baik yang dapat membuat Anda lebih bersemangat melakukan pekerjaan Anda, dan mengkonsumsi kafein secara berlebihan tidaklah bijaksana. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak negatif terhadap tubuh, oleh sebab itu konsumsilah kafein secukupnya untuk terus mendapatkan manfaat baik dari kafein dan terhindar dari resiko buruk terhadap tubuh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Plus Minus Kafein
3 votes, 4.67 avg. rating (94% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap