Perbedaan Pengapuran Tulang dan Osteoporosis

March 28, 2014 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , , , ,  







Apakah Anda mengidap pengapuran tulang ? Namun apakah Anda yakin bahwa itu pengapuran tulang bukan osteoporosis? Banyak masyarakat di negeri ini yang belum memahami betul perbedaan antara penyakit pengapuran tulang (osteoarthritis) dan pengeroposan tulang (osteoporosis). Maklum, dampak dari kedua penyakit itu memiliki kemiripan, yakni tulang mudah patah. Lebih dari itu, kedua penyakit itu kerap menyerang manusia berusia lanjut.

Beda penyakit pengapuran tulang (osteoarthritis) dan pengeroposan tulang (osteoporosis) :

Namun, secara umum, perbedaan penyakit pengapuran dan pengeroposan tulang terletak pada bagian tubuh yang diserang. Penyakit pengapuran merupakan penyakit degeneratif yang menyerang bagian persendian tubuh, sedangkan osteoporosis menyerang tulang tubuh seseorang.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mendefinisikan osteoporosis sebagai penyakit tulang keropos. Maklum, sebagian besar penderita osteoporosis, massa tulangnya berkurang atau mengalami penyusutan. Sebagai catatan saja, massa tulang terdiri dari kalsium serta senyawa kolagen yang berfungsi ibarat semen bagi tulang.

Kalau massa tulang berkurang, tulang menjadi tidak padat. Akibatnya, tulang menjadi tidak kuat menahan beban berat. Bahkan, benturan ringan sekalipun dapat menyebabkan patah tulang. Itu sebabnya, bagi Anda yang telah berusia lanjut, sebaiknya berhati-hati ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Satu di antara tempat aktivitas sehari-hari yang berbahaya bagi penderita osteoporosis adalah kamar mandi. Orang tua penderita osteoporosis harus hati-hati di kamar mandi. Bila terpeleset, bisa menimbulkan patah tulang, misalkan tulang pinggul. Penanganan penderita penyakit osteoarthritis dan osteoporosis pun berbeda. Untuk antisipasi osteoporosis, sebaiknya menambah jumlah asupan kalsium sejak usia muda, misalnya mengonsumsi susu atau ikan teri. Kadang, suplemen kalsium juga dapat dikonsumsi.

Hanya saja, timpal Mulyadi, konsumsi suplemen dengan dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping yang juga berbahaya. Misalnya, akan menyebabkan terbentuknya batu di saluran kemih, serta peningkatan risiko stroke dan serangan jantung. Berdasarkan hasil penelitian di Selandia Baru, wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium secara rutin dalam jumlah banyak terkena stroke dan serangan jantung. Ingat, dalam jumlah tinggi yang melebihi dosis yang disarankan.

Namun, penderita osteoporosis masih dapat melakukan aktivitas fisik, meski dengan beban yang terkontrol alias tidak terlalu berat. Dus, mereka yang mengidap penyakit ini dapat melakukan senam khusus osteoporosis yang bertujuan untuk membiasakan tulang tubuh menahan beban dan penguatan otot.

Selain olahraga ringan, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin yang cukup. Asupan vitamin yang diperlukan bagi penderita osteoporosis, antara lain vitamin D, C, B6, B12, dan folat. Sementara mineral yang dibutuhkan, seperti magnesium dan kalsium.

Sementara itu, penanganan penderita osteoarthritis terbilang lebih rumit karena sifatnya simtomatik, kadang tergantung derajat kerusakan sendinya. Untuk mengurangi rasa nyeri, suntikan kortikosteroid lokal perlu diberikan kepada penderitanya.

Tapi, ada baiknya kortikosteroid jangan diberikan secara oral kepada penderita pengapuran karena tulang akan semakin menjadi keropos. Penderita pengapuran juga dapat melakukan pemanasan atau fisioterapi di permukaan kulit, di atas sendi yang mengalami gangguan, antara lain dengan gelombang pendek atau gelombang ultra suara, hingga pemanasan melalui media air atau hydrotherapy.

Asupan Omega 3 yang banyak ditemukan dari ikan, seperti salmon, tuna, serta ikan teri, bagus untuk dikonsumsi penderita osteoarthritis. Selain itu, buah pisang, wortel, serta nanas juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Nanas itu mengandung enzim bromelin, bagus untuk mengurangi radang sendi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Perbedaan Pengapuran Tulang dan Osteoporosis
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap