Perbedaan Gizi Susu Kedelai dan Susu Sapi

February 8, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition  

Pages: 1 2








Protein: Seperti telah disebutkan tadi, secangkir susu sapi mengandung 8 gram protein. Sedangkan santan, biji bunga matahari, dan susu almon, hanya mengandung 1 gram protein per porsi. Yang paling mendekati kandungan protein pada susu sapi adalah susu kedelai, dengan 6 gram protein kedelai yang menyehatkan jantung dalam satu cangkir. Tahukah Anda pada susu whey protein kandungan proteinnya bisa mencapai 21-30gram/serving dengan kandungan asam amino esensial dan non-esensial yang lengkap. Fantastis bukan?

Vitamin dan nutrisi lain: Susu sapi dan susu dari tumbuh-tumbuhan memiliki perbedaan kandungan nutrisi, namun masing-masing sebenarnya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Susu sapi merupakan sumber vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, dan vitamin D. Secangkir susu almon atau biji bunga matahari memberikan separuh dari kebutuhan harian akan vitamin E, antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Susu biji bunga matahari juga menyediakan 60 persen dari kebutuhan harian akan fosfor.

Adapun susu kedelai mengandung isoflavon, tipe estrogen yang mengurangi efek estrogen pada tubuh Anda sendiri. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kedelai. Kaum hawa yang memiliki risiko lebih besar terhadap penyakit ini, sebaiknya membatasi paparan estrogen dalam berbagai bentuk. Begitu pula dengan perempuan yang sedang berusaha hamil, sedang hamil, atau menyusui, perlu memastikan keamanannya pada dokter.

Lemak: Kecuali santan, pengganti susu dari tumbuh-tumbuhan yang lain, atau susu sapi rendah lemak, memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Produk pengganti susu ini juga bebas laktosa, yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang mengidap alergi susu sapi atau intoleransi laktosa.

Dengan bacaan di atas dapat kita simpulkan bagaimana pun susu diolah dari tumbuh-tumbuhan tidak dapat menandingi kandungan gizi yang ada pada susu sapi, pada dasarnya susu sapi mengandung gizi dan nutrisi yang berlimpah karena memang dihasilkan secara oleh makhluk hidup dan untuk makhluk hidup. Tidak seperti susu kedelai yang diproses secara buatan oleh manusia. Namun tidak ada salahnya jika Anda vegetarian dan memilih susu kedelai untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, lebih baik ada asupan gizi tambahan daripada tidak sama sekali ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Perbedaan Gizi Susu Kedelai dan Susu Sapi
2 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
 
© RumahFitnes.Com 2012 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap