Penggunaan Steroid Berdampak Pada Gynecomastia

December 6, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition, Steroid • Tags: , , , , , , , , ,  






Apa itu Gynecomastia? Jika Anda pengguna steroid maka Anda wajib waspada. Gynecomastia adalah pembesaran jaringan payudara pada pria yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon estrogen & testosteron. Gynecomastia dapat terjadi pada salah satu atau kedua payudara pada beberapa kasus dapat hilang dengan sendirinya. Bila gynecomastia tidak hilang dengan sendirinya maka hal tersebut merupakan hal serius dan harus ditangani dengan pemberian obat-obatan maupun dengan prosedur operasi.

Gynecomastia yang disebabkan oleh perubahan hormon saat masa pubertas cukup umum terjadi. Pada sebagian besar kasus, jaringan payudara yang membesar akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan – 2 tahun. Selain perubahan hormon, beberapa obat tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya gynecomastia, seperti misalnya : obat steroid anabolik, antidepresan & beberapa obat antbiotika tertentu. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar estrogen & testosteron, selain itu dapat juga dilakukan pemeriksaan mamogram.

Steroid merupakan obat-obatan yang hanya dapat digunakan untuk perawatan atau terapi khusus seperti orang yang sudah tua dan sebagainya, sehingga Anda jika masih muda tidak perlu menggunakan obat-obatan steroid tersebut. Apalagi jika tujuannya untuk membesarkan otot. Bahaya steroid dan efek samping steroid akan ada rasakan dalam jangka waktu yang panjang. Mungkin sekarang Anda berkata baik-baik saja selama menggunakan steroid, tapi nanti beberapa tahun kemudian jangan kaget jika Anda mulai impoten, ukuran payudara membesar serta jerawat di sekujur tubuh muncul (Baca: Efek Samping Pengunaan Steroid).

Ingat Anda berolahraga untuk mendapatkan mental dan fisik yang sehat, bukan mental dan fisik yang rusak 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Penggunaan Steroid Berdampak Pada Gynecomastia
2 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap