Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Diet

March 20, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  

Pages: 1 2 3








Lebih bagus beras merah atau beras coklat?

Kedua beras ini banyak dipilih untuk diet kalori rendah. Beras coklat adalah beras yang hanya dihilangkan sekamnya tapi tidak dipoles menjadi beras putih.

Sedangkan besar merah telah dikenal sejak 2800 SM. Sejak dahulu, tabib percaya bahwa beras merah memiliki nilai medis yang dapat memulihkan rasa tenang dan damai.

Kandungan nutrisi dan kalori beras merah dan coklat: Satu cangkir beras coklat mengandung 84 mg Magnesium dan mengandung asam lemak serta serat pangan yang lebih tinggi dari beras putih. Selain itu, beras coklat juga mengandung minyak dedak yang dipercaya dapat menurunkan LDL kolesterol. Sebenarnya beras coklat dan berat putih memiliki kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak yang sama. Yang membedakan hanyalah proses penggilingan beras dengan alat pemoles, yang membuat lapisan aleuron beras akan hilang. Sedangkan beras merah mengandung karbohidrat lebih rendah dari beras putih, yaitu 75,5 gram, tapi nilai energinya justru lebih banyak, sekitar 353 kalori.

Kandungan vitamin beras merah dan coklat: Beras merah mengandung protein 8,3 gram. Protein yang besar ini bisa jadi karena kandungan tiaminnya tinggi sekitar 0,31 mg. Tiamin ini berfungsi sebagai koenzim berbagai reaksi metabolisme energi. Gizi lainnya pada beras merah adalah fosfor. Melalui proses fosforilasi, fosfor mengaktifkan berbagai enzim dan vitamin B dalam pengalihan energi pada metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan pada beras coklat, terdapat GABA (Gamma Aminobutyric Acid) yang akan meningkatkan metabolisme otak yang penting bagi perkembangan otak. Beras coklat juga diproses tanpa pestisida sehingga aman dikonsumsi semua golongan mulai anak-anak sampai lansia.

Semoga fakta nutrisi makanan di atas dapat membuka wawasan Anda untuk dapat memilih asupan nutrisi yang paling tepat untuk pola diet Anda 😀

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Diet
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap