Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Diet

March 20, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  

Pages: 1 2 3







Lebih baik madu atau gula?

Dua jenis pemanis ini sama-sama mengandung glukosa dan fruktosa. Sayangnya, dalam proses pengolahannya, banyak kandungan dalam tebu yang rusak, seperti asam organik, protein, enzim, dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Sedangkan madu adalah pemanis alami yang hanya mengalami pemanasan minimal. Madu juga mengandung antioksidan tertentu yang menguntungkan serta sifat antibakteri yang tidak ditemukan dalam gula.

Kandungan kalori madu dan gula: Satu sendok makan gula pasir atau sukrosa mengandung 46 kalori, sedangkan satu sendok makan madu alami mengandung 64 kalori. Kandungan kalori pada madu memang lebih banyak, tapi jangan lupa rasa madu yang lebih manis akan membuat Anda mengonsumsinya lebih sedikit ketimbang gula pasir. Umumnya saat Anda mencampurkan gula sebagai pemanis minuman, Anda akan menggunakan setidaknya dua sendok makan, bahkan dalam satu kaleng soda mengandung 10 sendok teh gula.

Kandungan mineral dan vitamin madu dan gula: Berbeda dengan madu, gula pasir lebih sedikit mengandung mineral dan vitamin. Gula kemudian memanfaatkan nutrisi tubuh untuk proses metabolisme. Ketika semua nutrisi sudah digunakan, metabolisme kolesterol dan asam lemak yang tak baik menjadi terhambat kemudian membuat kadar kolesterol naik. Inilah yang membuat orang menjadi gemuk tapi kekurangan gizi.

Di sisi lain,lebah telah menambahkan enzim khusus pada madu untuk nektar yang membagi sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, yaitu dua jenis gula sederhana bagi tubuh yang bisa diserap langsung. Kalau dilihat dari kandungan nutrisinya, madu tentu lebih aman untuk kesehatan dan bisa menjaga berat badan.

Baca selanjutnya mana lebih baik beras merah atau beras coklat?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Panduan Memilih Makanan Sehat Untuk Diet
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap