Mitos dan Fakta Steroid

March 6, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  

Pages: 1 2







Efek Negatif Penggunaan Steroid. Sebelumnya saya telah merilis dua tulisan mengenai bahaya steroid, Fakta Seputar Steroid dan Efek Samping Penggunaan Steroid. Sekarang mari kita lihat mitos dan fakta seputar steroid yang ada di benak masyarakat.

Apa itu Steroid?

Steroid adalah tiruan sintetis dari hormon testosteron. Hal ini telah banyak menjadi bahan perdebatan dengan informasi yang masih simpang siur. Baik atlit maupun binaraga telah banyak yang terseret arus obat yang disangka dapat meningkatkan ukuran massa otot, kekuatan dan stamina.

Mitos mengenai STEROID:

Mitos #1: Mengonsumsi Steroid Akan Mengakibatkan Kematian Secara Langsung

Hal pertama yang perlu kita pahami adalah bahwa steroid adalah jenis obat-obatan. Semua jenis obat jika disalahgunakan akan mempunyai potensi mematikan. Bagaimanapun juga, penggunaan steroid tanpa resep adalah perbuatan melanggar hukum dan jika tertangkap, maka Anda bisa menghabiskan waktu yang cukup lama di penjara.

Mitos #2: Steroid Mudah Didapatkan

Hal kedua yang sering menjadi informasi yang keliru adalah bahwa steroid mudah didapatkan. Sejauh ini, steroid merupakan obat-obatan yang membutuhkan resep, jadi apabila steroid didapatkan secara illegal atau tanpa resep artinya obat ini didapatkan di pasar gelap. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pasar gelap tidak akan bertanggung jawab atas keaslian dan kemurniannya, apalagi terhadap cara penggunaan, efek samping dan informasi lain yang akurat tentang obat-obatan yang akan masuk tubuh kita.

Mitos #3: Semua Jenis Steroid adalah Pil

Ada banyak jenis steroid, ada yang pemakaiannya dengan cara disuntikkan ataupun secara oral. Jenis yang disuntikkan umumnya lebih bersifat Androgenic (menguatkan karakteristik pria, seperti rambut yang makin lebat dan lebih agresif), memiliki efek samping yang tidak terlalu merusak organ dalam tubuh. Sedangkan versi oral, bersifat Anabolic dan akan lebih merusak organ dalam karena diproses dalam liver. Steroid yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula, beberapa di antaranya ada yang cenderung meningkatkan pertumbuhan massa otot dan ada pula yang cenderung meningkatkan kekuatan.

Semakin kuat efek steroid, semakin besar pula efek sampingnya bagi tubuh Anda.

Apa saja Efek Negatif Penggunaan STEROID?Lanjut baca di halaman selanjutnya!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mitos dan Fakta Steroid
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap