Mengenal Whey Protein

November 6, 2011 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , ,  






Sebelumnya saya telah membicarakan manfaat protein dan kebaikannya untuk tubuh kita, dan sedikit membahas mengenai whey protein. Whey protein adalah salah satu kandungan protein dalam susu, disamping protein casein. Whey juga merupakan produk sampingan dari pembuatan keju dan susu yang tersusun dari protein, laktosa, mineral dan lemak. Whey menjadi pilihan suplementasi utama bagi para atlet binaraga karena whey menyediakan protein dengan nilai biologis yang sangat tinggi dan memiliki kandungan BCAA (Branched Chain Amino Acids) yang tinggi. BCAA adalah asam amino krusial dalam proses pembentukan otot.

Whey protein juga lebih cepat terserap tubuh dibanding dengan protein dari daging, sebab whey dapat larut dalam asam, sehingga lebih mudah dicerna dalam lambung yang bersifat asam. Kecepatan penyerapan ini akan mempengaruhi sintesa protein dalam tubuh secara keseluruhan, penguraian protein, dan proses oksidasi dalam tubuh setelah konsumsi. Inilah yang membuat whey menjadi suplemen tepat sehabis berlatih beban karena pada saat ini otot sangat memerlukan asam amino, dan harus segera dipenuhi secepat mungkin untuk pemulihan dan perkembangan.

Konsumsi whey dapat meningkatkan sintesis protein dalam tubuh sampai dengan 68% dalam kurun waku 40 sampai dengan 140 menit setelah proses penyerapan. Whey juga meningkatkan nilai sintesis protein dalam otot hingga 2,5 kali lebih banyak paska latihan. Selain untuk kebaikan otot, whey protein juga berperan penting dalam dunia kesehatan, yaitu meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Glutathione adalah satu antioksidan terpenting dalam tubuh yang berfungsi menstimulasi peningkatan kekebalan tubuh, melawan stress dan membantu liver dalam proses kerjanya menyaring racun dalam tubuh. Selain itu whey juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena kemampuannya menurunkan kolesterol dalam darah.

Dengan begitu banyak manfaat dari whey protein yang sudah Anda ketahui sekarang, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi whey terutama bagi kaum hawa yang selama ini menganggap whey protein hanyalah untuk kaum lelaki yang ingin membesarkan otot, sebab kombinasi whey protein dan olahraga akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat, bugar dan ideal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mengenal Whey Protein
7 votes, 4.86 avg. rating (97% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap