Mengatur Pola Makan Saat Liburan

July 4, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , , ,  







Libur telah tiba! Libur telah tiba! Hore! Hore! HOREEE! Ribuan bahkan jutaan anak Indonesia sedang menikmati masa liburan saat ini, lalu bagaimana mengatur pola makan saat liburan seperti sekarang ini? Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau muscle building pasti bingung untuk menjaga pola makan jika ingin berlibur dengan keluarga atau teman. Sudah dapat ditebak jika tidak diplanning sejak awal maka program diet Anda akan berantakan bersama mereka :mrgreen:

Berikut ini tips mengatur pola makan saat liburan, diharapkan dapat membantu dan menjadi acuan:

 1. Selalu Sedia Whey Protein 
Selalu sedia whey protein selama Anda bepergian. Whey protein dapat disimpan dalam toples plastik kedap udara yang dapat Anda bawa ke mana saja selama liburan. Selalu minum di pagi hari untuk terus mengasup nutrisi ke dalam tubuh Anda.

2.  Bijak Dalam Memilih Makanan
Liburan bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi “junk food” atau “makanan kotor” setiap saat! Sekali-sekali boleh tapi jangan menjadi ajang pembalasan dendam. Ingat konsumsi makanan sehat dengan kadar protein dan serat yang tinggi. Lalu bijak dalam memilih makanan pembuka dan makanan penutup. Salad dapat menjadi makanan pembuka yang baik dan aneka buah-buahan dapat menjadi makanan penutup yang ideal. Hindari kentang goreng sebagai teman makan Anda.

3. Jangan Melewatkan Sarapan
Breakfast yang berarti sarapan juga memiliki arti penting, yaitu break the fast. Selama berjam-jam kita tidur tubuh tidak mendapat suplai nutrisi sama sekali alias puasa, sehingga Anda perlu untuk segera mengisi nutrisi dengan sarapan sehat. Sekali lagi protein dan serat memegang peran, jangan lupa karbohidrat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kalori harian Anda.

 4. Bijak Dalam Memilih Minuman
Jangan terlena minum minuman bersoda dan beralkohol. Kedua jenis minuman tersebut memberikan sumbangan gula tertinggi dalam tubuh Anda yang nantinya akan diubah menjadi asam lemak dan bertumpuk di perut, lalu di paha dan lengan. Selalu konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup, selain murah air mineral juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 5. Kuatkan Iman!
Biasanya selama berlibur kita akan melihat bagaimana teman kita sendiri atau bahkan keluarga kita mengkonsumsi begitu banyak makanan dengan bebas, nah disinilah iman kita diuji saudara-saudara! Selalu selekftif dalam memilih makanan dan ingat segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Saya bukan mengurung Anda dengan program diet yang ketat, namun mengajarkan Anda agar bijaksana dalam mengkonsumsi segala sesuatu. Cheating day boleh-boleh saja hanya jangan sampai keterusan dan malah menjadi gaya hidup 🙂

Demikianlah tips mengatur pola makan selama liburan, jika Anda ingin menambahkan tips Anda sendiri silahkan isi di kotak komentar di bawah ini :mrgreen: Semoga bermanfaat!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mengatur Pola Makan Saat Liburan
3 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap