Mengapa Penting Mengkonsumi Protein?

November 6, 2011 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , ,  






Ketika Anda mulai kenal dengan dunia fitnes sudah pasti kata protein tidak asing lagi di telinga Anda. Banyak yang berpikiri bahwa protein hanya untuk membangun otot segede gajah seperti binaragawan-binaragawan yang ototnya bentol-bentol, itu memang benar karena protein adalah makanan untuk otot, namun tidak hanya itu masih ada segudang hal ajaib lainnya yang dapat dilakukan oleh protein bagi tubuh kita.

Protein adalah senyawa organik kompleks yang berbobot molekul tinggi, dimana molekul-molekul ini mengandung karbon, hidrogen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Dengan komposisinya yang begitu kompleks protein menjadi bahan utama pembangung tubuh kita, sebab protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup, dan merupakan komponen terbesar kedua dalam tubuh kita setelah air. Fungsi utamanya membentuk jaringan tubuh dengan kandungan asam aminonya.

Protein membentuk kehidupan manusia, protein selalu dihubungkan dengan mahluk hidup dan upaya untuk mengetahui bagaimana kehidupan bermula dipusatkan pada bagimana protein mulanya terbentuk. Protein berperan sebagai struktural yang membangun tubuh kita. Enzim protein memecah makanan menjadi zat gizi yang dapat digunakan sel. Sebagai anti bodi, mereka melindungi kita dari penyakit. Hormon peptida membawa pesan-pesan yang mengkoordinasi pelangsungan aktivitas tubuh dan protein melakukan lebih banyak lagi, mereka memandu perkembangn kita dimasa kanak-kanak dan memperhatikan tubuh kita selama masa dewasa. Mereka telah membuat kita menjadi individu unik sebagaimana kita sekarang.

Oleh sebab itu konsumsi protein sangat penting bagi tubuh kita, apalagi ketika kita melakukan latihan untuk membentuk tubuh. Kebutuhan protein bisa diperoleh dari 2 sumber bahan pangan yaitu protein hewani dan protein nabati. Sumber terbaik protein hewani adalah daging dari mamalia, unggas, dan ikan laut. Sedangkan sumber terbaik dari protein nabati adalah dari kacang-kacangan. Bahkan dengan kemajuan teknologi, kini banyak dikembangkan sumber protein baru yang dikenal dengan protein non-konvensional seperti protein daun, protein konsentrat dan protein sel tunggal.

Jadikan protein sebagai prioritas utama Anda ketika makan sehari-hari dengan tidak membuang karbohidrat dan lemak serta serat. Seperti yang Koki Cilik katakan setiap hari di televisi, makan sehat pasti pintar! Dan kuat tentunya!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Mengapa Penting Mengkonsumi Protein?
6 votes, 4.83 avg. rating (96% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap