Manfaat Vitamin B6

February 2, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  






Apakah itu Vitamin B6? Vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air yang memiliki tiga bentuk kimiawi yaitu pyridoxine, pyridoxal, dan pyridoxamine. Ketiganya merupakan perintis campuran aktif bernama pyridoxal 5-phosphate (PLP).

PLP juga berperan sangat penting sebagai kofaktor sejumlah besar enzim esensial dalam tubuh manusia yang terlibat dalam metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Salah satunya penting untuk reaksi enzim yang memerintah pelepasan glukosa dari glikogen.

Penggunaan Vitamin B6 sangat luas oleh karena dibutuhkan oleh banyak enzim tubuh. PLP atau Vitamin B6 juga cukup berperan terhadap keberhasilan diet dan juga penting untuk menunjang metabolisme sel-sel darah merah. Sebuah studi di Belanda menunjukkan Vitamin B6 dapat mencegah penyakit Parkinson hingga 50%, merawat autism, mabuk alkohol, mual di pagi hari, dan bahkan penguat daya ingat mimpi.

Sumber Vitamin B6 biasanya banyak terdapat pada wortel, telur, ayam dan ikan. Dan tidak jarang banyak suplemen fitness yang memiliki kandungan Vitamin B6 seperti pada suplemen whey protein dan suplemen amino. Ingin diet sehat dan seimbang? Konsumsi makanan sehat yang tinggi gizi dan lengkapi dengan asupan suplemen fitness yang tepat 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Manfaat Vitamin B6
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap