Manfaat Konsumsi Protein Untuk Memperbesar Otot

September 25, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , ,  







Untuk mencapai bentuk tubuh ideal yang Anda inginkan maka protein merupakan hal penting yang harus Anda konsumsi. Kebutuhan protein harian yang dibutuhkan oleh orang biasa (dalam hal ini orang yang tidak aktif berolahraga) adalah 1 gram / 1 kg berat badan. Berat badan yang dimaksud disini adalah berat badan minus lemak.

Jadi misalkan kadar lemak Anda 10%, maka kebutuhan protein hariannya adalah sbb : 59 – (59x 10%) = 54 gram. 54 gram protein ini nantinya akan dibagi lagi untuk beberapa kali makan dalam sehari. Misalkan kita makan sehari 3 kali, maka untuk 1 kali makan protein yang harus dikonsumsi adalah 54 : 3 = 18 gram.

Protein sebanyak 18 gram ini nantinya tinggal kita tentukan ingin diperoleh dari sumber protein apa, tergantung selera. Bisa melalui telur, susu, daging, dada ayam, tempe, dan lain-lain. Jika mengambil proteinnya dari telur utuh, maka paling tidak, telur yang dimakan adalah 3 butir, karena 1 butir telur mengandung protein sekitar 6 gram namun harus diingat bahwa 1 butir telur juga mengandung kuning telur yang mengandung lemak dan kolesterol.

Misalkan yang mau dimakan putih telurnya aja, maka putih telur yang harus dimakan adalah 6 putih telur karena 1 putih telur mengandung protein sekitar 3 gram (separuhnya lagi ada di kuning telurnya), atau sekitar 180 gram putih telur (100 gram putih telur mengandung 10 gram protein).

Yang diatas adalah kebutuhan protein harian yang harus Anda penuhi dalam sehari dengan asumsi bahwa anda adalah seseorang dengan aktifitas yang biasa-biasa aja. Karena sekarang ini Anda mulai rutin melakukan olahraga angkat beban untuk pembentukan tubuh, maka dikatakan bahwa kebutuhan protein yang harus dipenuhi adalah sekitar 1,5 – 2 gram / 1 kg berat badan (untuk atlit bisa mencapai 3 gram / 1 kg berat badan).

Untuk setiap sesi latihan yang baru selesai paling tidak Anda membutuhkan 20-30gram protein cepat serap. Untuk hari dimana tidak ada latihan, maka cukup kebutuhan protein harian saja yang harus dipenuhi.

Karena suplai protein dari makanan biasanya cuma bisa bertahan 2-3 jam di dalam tubuh, maka ada baiknya mengkonsumsi suplemen time release protein yang dapat menyuplai kebutuhan protein untuk tubuh Anda selama 6-12 jam secara berkala. Selain memiliki fungsi sebagai Anti Katabolik, suplemen time release protein juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan dan recovery akibat latihan yang berat. Pemakaiannya pun cukup mudah, yaitu 1 scoop dipakai sebelum atau sesudah latihan, bisa juga diantara makan atau sebelum tidur.

Selamat mencoba dan menikmati! 😀

Cek time release protein berkualitas tinggi hanya di RumahFitnes.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Manfaat Konsumsi Protein Untuk Memperbesar Otot
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap