Latihan Angkat Beban Untuk Mencegah Penuaan Dini

March 10, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , ,  






Seiring bertambahnya usia maka tidak dapat dipungkiri fisik kita akan ikut mengalami perubahan. Semakin bertambah usia kita maka semakin menurun juga kinerja organ-organ di dalam tubuh kita, salah satunya kinerja produksi hormon yang akan berdampak kepada penuaan. Penuaan dini adalah proses perubahan pada tubuh menjadi lebih tua sebelum waktu yang tepat. Dengan kata lain orang yang mengalami penuaan dini adalah orang yang terlihat lebih tua daripada umur nya saat itu.

Banyak hal yang menyebabkan penuaan dini, bisa dari faktor gen maupun gaya hidup. Yang seringkali terjadi adalah karena gaya hidup yang salah. Kurang istirahat, banyak bekerja, asupan gizi yang kurang memegang peranan penting dalam proses terjadinya penuaan dini, oleh sebab itu di jaman manusia modern saat ini banyak terlihat kaum muda yang terlihat tua seperti keriput pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

Penuaan dini dapat dicegah dengan olahraga yang teratur, pola makan yang sehat, dan istirahat yang cukup. Berikut ini manfaat latihan angkat beban untuk mencegah penuaan dini:

1. Human Growth Hormone (HGH)

Kita semua mempunyai HGH didalam tubuh kita, yang bertugas dan bertanggung jawab membantu kita untuk tampak muda dan merasa muda. Bila HGH berkurang atau sudah tidak cukup lagi, maka mulailah muncul kerut-kerutan di kulit kita, tenaga berkurang, kulit mengendur, dan lingkaran perut mulai membesar. Sebaliknya bila HGH kita cukup, maka akan membentuk otot lebih baik, rambut menebal, fungsi jantung terjaga dengan baik, tekstur kulit menjadi lebih muda demikian pula dengan fungsi seks makin membaik. Juga dapat mencegah dan menghilangkn sellulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Yang kurang menguntungkan ternyata HGH ditubuh kita mulai berkurang di usia 20an. Jadi sebenarnya kita sudah mulai menua pada usia 20an. Namun dengan olahraga/fitnes yang baik dan benar, kita dapat memproduksi lagi HGH sehingga dapat membantu kita tampak muda dan merasa muda lagi.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan tampak muda.

Fitnes membuat otot kita lebih kuat, memperbaiki cairan sendi, memperbaiki kekuatan tubuh sehingga tidak mudah jatuh dan memperbaiki fungsi metabolisme tubuh. Bila metabolisme menurun kita akan menjadi lebih gemuk, resiko sakit jantung meningkat, demikian juga dengan diabet dan lain lain penyakit kronis. Dari penelitian diketahui bahwa dengan olahraga secara teratur, ternyata DNA menjadi 9 tahun lebih muda dari umur seharusnya. Jadi sudah jelas bagaimana fitnes merupakan formula yang tepat sebagai anti-aging.

3. Lebih sehat

Kita akan merasa lebih bugar bila kita melakukan olahraga secara teratur. Dengan meningkatkan aktifitas fisik kita dapat menambah umur beberapa tahun setelah usia 50. Dari penelitian diketahui dengan melakukan aktifitas fisik sedang, kita dapat menambah 11 tahun kehidupan kita. Bila kita sangat aktif, kita dapat menambah 32 tahun kehidupan kita. Oleh karena itu tidak salah bila dikatakan dengan melakukan aktifitas yang baik kita akan lebih sehat, dan tampak lebih muda dari usia yang seharusnya.

4. Lebih bertenaga

Dengan olahraga yang teratur, dapat memperbaiki dan menambah tenaga, sehingga kita tidak mudah merasa lelah. Kita menjadi lebih awas, berpikir lebih smart, kualitas tidur membaik . Kesemuanya ini membuat kita merasa lebih muda tanpa memerlukan stimulasi dari luar tubuh kita.

5. Mengurangi stres dan memperbaiki kualitas kulit

Lakukanlah olahraga dengan tertatur, oleh karena ini merupakan obat yang sangat mujarab. Seluruh organ didalam tubuh kita termasuk kulit kita, akan terpengaruh oleh stres. Bila kita fit dan aktif secara fisik, tubuh kita akan secara otomatis mengeluarkan bahan-bahan kimia anti-stres untuk membantu menetralkan bahan-bahan stres yang timbul. Bila kita kurang stres, maka akan terlihat banyak sekali manfaat yang dirasakan pada kulit kita. Kita akan terlihat beberapa tahun lebih muda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Latihan Angkat Beban Untuk Mencegah Penuaan Dini
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap