Kembali Fitness Setelah Liburan

September 2, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  






Setelah libur panjang yang pastinya dipenuhi dengan cheating meal sudah tentu sebagian dari Anda merasakan perbedaan pada tubuh Anda. Perut semakin membesar dan penurunan massa otot merupakan dampak utama yang akan Anda rasakan setelah sekian lama tidak fitness dan tidak menjaga makan. Apa rasanya kembali fitness setelah libur sekian lama? Tentu seperti tidak bertenaga dan diserang rasa malas. Tapi jangan kalah dengan rasa malas Anda!

Hasil penelitian mengatakan bahwa short-term detraining period (3 minggu) tidak menguraikan otot secara signifikan bila Anda kembali berolahraga secara rutin. So, Let’s hit back the gym now!!

Meskipun demikian, kemungkinan besar kondisi fisik Anda terasa tidak sama seperti sebelum detraining. Akibatnya, lebih mudah kehabisan stamina dan badan terasa lebih pegal setelah selesai fitness.

Mengapa saya kehilangan tenaga?
Hal ini wajar karena proses detraining (puasa/sakit/liburan) membuat sel-sel otot terurai, yang kemudian akan berakibat pada mengempisnya otot Anda. Oleh sebab itu, jangan paksakan diri untuk mengangkat berat beban yang sama seperti sebelum Anda menjalani detraining.

Kata pepatah, sedikit-dikit lama-lama menjadi bukit; hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan beban yang lebih ringan namun dengan repetisi yang lebih banyak akan memberikan hasil yang sama atau bahkan lebih baik daripada latihan dengan beban berat namun sedikit repetisi. Tambahkan suplemen yang mengandung creatine untuk tenaga yang lebih maksimal.

Bagaimana dengan rasa letih dan pegal-pegal setelah fitnes?
Maksimalkan latihan Anda dengan nutrisi yang tepat. Selain makanan tinggi protein dan rendah lemak, konsumsilah suplemen seperti glutamin dan BCAA untuk menjaga stamina selama latihan. Selain menjaga stamina, Glutamine dan BCAA bisa mempercepat pemulihan otot dan mengurangi rasa pegal di otot akibat penumpukan asam laktat.

Nutrisi setelah latihan sama pentingnya dengan sebelum latihan; karena tentunya Anda tidak mau kehilangan massa otot setelah latihan. Konsumsi karbohidrat setelah latihan penting untuk menggantikan cadangan karbohidrat dalam otot yang hilang serta memicu tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Selain karbohidrat, Anda juga perlu untuk mengkonsumsi protein. Asam amino dari protein bersama dengan hormon insulin akan menghambat pemecahan otot pasca latihan.

Jadi tunggu apalagi? Segera kemas perlengkapan fitness Anda dan kembalilah berlatih! 😀

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Kembali Fitness Setelah Liburan
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap