Jumlah Protein Yang Harus Dikonsumsi Bodybuilder

November 20, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , ,  






Protein merupakan bahan baku yang paling penting dalam membangun otot. Namun bagi para fitness mania pemula seringkali mereka bingung berapa banyak jumlah protein yang harus dikonsumsi?

Mari belajar berhitung. Menurut WHO, kebutuhan tubuh kita akan protein adalah 0.8 gram per kilogram berat badan. Biar mudah, marih kita coba bandingkan dengan putih telur.

Sebutir putih telur mengandung sekitar 3 gram protein. Bila berat badan Anda 60kg, Anda seharusnya mengkonsumsi 60 gram protein perhari. Ini setera dengan 20 butir putih telur ( dalam 1 butir telur, putihnya mengandung protein  seberat 3 gram). Bagaimana pendapat Anda? Sudahkah jumlah protein Anda mencukupi?

Menurut para ahli olahraga di negara barat, kebutuhan yang di standarkan  oleh WHO  itu adalah untuk orang dalam keadaan pasif.  Seperti pohon, tidak ngapa-ngapain. Bukan untuk orang aktif,  apalagi mereka yang aktif berolahraga. Bagi orang aktif,  disarankan 1-2 gram per kilogram berat badan. Jadi, jangan heran bila Anda pernah mendengar, ” Ade Rai makan telur 50 butir .”  Ini karena memang sesuai dengan hitungan para ahli  nutrisi olahraga.

Selama kurang protein, selama itu pula kita tidak akan mencapai kapasitas potensial maksimal. Kita masih bisa memiliki tubuh yang lebih bugar apabila mengkonsumsi cukup protein. Bagi yang ingi mengurangi asupan lemak–karena menghindari protein hewan, protein tumbuhan bisa menjadi alternatif.

Protein dari makanan saja sudah tentu tidak cukup oleh sebab itu kombinasi dengan suplemen whey protein atau suplemen weight gainer jika Anda sudah dalam meningkatkan berat badan. Suplemen fitness merupakan tambahan nutrisi alami pelengkap makanan, bukan obat-obatan berbahaya seperti steroid dan sebagainya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Jumlah Protein Yang Harus Dikonsumsi Bodybuilder
3 votes, 4.33 avg. rating (89% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap