Contoh Jajanan Kurang Sehat

April 16, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  







Jajanan orang Indonesia seringkali mengandung karbohidrat yang tinggi dan kurang protein maupun gizi lainnya. Mari ungkap bahaya jajanan kurang sehat tersebut.

Jajanan Kurang Sehat: Otak-otak

Identifikasi: 
 Terbuat dari ikan, bawang, tepung tapioka, dengan saus kacang. Satu potong  otak-otak mengandung 50 kkal tanpa saus kacang. Bila dikonsumsi dengan 3 sdm saus kacang tanpa minyak,  bertambah menjadi  100 kkal.

Komentar Ahli: 
Sama seperti siomay, kalau dilihat dari kandungan kalorinya tidak terlalu bermasalah. Namun, ada baiknya makan ikan segar daripada ikan yang sudah diolah menjadi otak-otak. Sayangnya, sering kali bumbu kacang pendampingnya lebih menggoda ketimbang otak-otaknya, sehingga dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Jika dikonsumsi  tiap hari?
Sama seperti siomay, hati-hati dalam pemilihan bahan dan penggunaan sambal. Bila menggunakan bahan berkualitas dan hanya sedikit menggunakan bumbu kacang, aman dikonsumsi  tiap hari.

Jajanan Kurang Sehat: Bakso

Identifikasi:
 Terdiri dari mi kuning dan bihun, sawi hijau,   bakso urat, plus kuah kaldu. Sajian satu porsi bakso mengandung 30-40 kkal. Mi seukuran satu gelas  mengandung  150 kkal. Kuah kaldu mengandung  75 kkal. Total dalam satu porsi  adalah  450-500 kkal (5-6 butir bakso).

Komentar Ahli: 
Sama seperti cilok dan pempek, perlu diperhatikan apakah benar ada kandungan protein hewani dalam bakso. Perhatikan pula saus sambal yang disediakan. Karena, banyak ditemukan saus sambal yang dibuat dari ampas tahu dan pewarna yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Jika dikonsumsi  tiap hari?
Tidak baik untuk berat badan dan meningkatkan kadar trigliserin serta kolesterol dalam darah.

Jajanan Kurang Sehat: Mi Ayam

Identifikasi: 
Terdiri dari mi kuning, ayam, dan sedikit sayuran sawi. Satu porsi mi ayam mengandung 600 – 650 kkal.

Komentar Ahli: 
Kalorinya  lebih tinggi dibandingkan bakso karena kandungan minyak lebih banyak dan komposisi mi lebih mendominasi. Perhatikan daging ayam yang digunakan. Biasanya, proporsi tetelan dan kulit ayamnya lebih tinggi, sehingga kandungan kalorinya tinggi sekali dan dapat berakibat meningkatnya kolesterol dalam darah. Hati-hati pula dengan mi yang digunakan, karena biasanya mengandung pengenyal yang menggunakan zat dengan PH tinggi sehingga tidak baik untuk lambung.

Jika dikonsumsi  tiap hari?
Berpotensi meningkatkan berat badan serta kadar trigliserin dan kolesterol dalam darah.

Jajanan Kurang Sehat: Martabak manis

Identifikasi: Terbuat dari tepung terigu, telur ayam, mentega. Satu porsi martabak manis ukuran 4 x 4 cm dengan kacang cokelat mengandung 150-175 kkal.

Komentar Ahli: 
Kandungan kalorinya sangat tinggi. Makin banyak isian dan taburannya, makin tinggi pula kandungan kalorinya. Tidak mengandung gizi yang seimbang karena lebih banyak karbohidrat dan sangat sedikit kandungan proteinnya.

Jika dikonsumsi  tiap hari?
Ancaman, jika Anda ingin menjaga berat badan ideal. Berpotensi meningkatkan kadar trigliserin serta kolesterol dalam darah.

Konsultan: dr. Grace Judio-Kahl, M.SC, M.H, CHt

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Contoh Jajanan Kurang Sehat
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap