Cara Mengendalikan Nafsu Makan

January 24, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  







Masalah utama para penderita obesitas adalah mengendalikan nafsu makan. Sebenarnya hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan, selama kita memiliki pengetahuan yang tepat dan motivasi yang cukup untuk menjalankannya.

Berikut beberapa cara mengendalikan nafsu makan:

1. Makanlah Lebih Sering
Salah satu penyebab nafsu makan yang tidak terkendali adalah seringnya skip makan alias tidak makan pada saat makan tiba. Hal ini mengakibatkan sensor selera pada lidah dan sinyal lapar dari otak menjadi lebih hebat. Dengan makan lebih sering, sensor ini lebih terkendali sehingga lebih kecil kemungkinan untuk mendapatkan nafsu makan yang menggebu-gebu.

2. Makan lebih banyak sayuran
Sayuran adalah makanan yang kaya akan serat. Serat yang masuk ke dalam lambung akan mengembang. Serat juga lebih sulit terurai dalam tubuh sehingga menjadikan pengosongan lambung lebih lambat, hasilnya adalah rasa kenyang yang lebih bertahan lama. Sehingga bila tiba saatnya makan, tubuh masih tidak terasa terlalu lapar untuk membangunkan sinyal lapar dari otak.

3. Makan lebih banyak protein
Kebanyakan orang lebih mudah kekurangan protein daripada kekurangan karbohidrat maupun lemak. Padahal protein adalah nutrisi yang sangat ampuh untuk mengendalikan nafsu makan. Selain dipecah menjadi asam amino yang berperan dalam ratusan fungsi dalam tubuh (termasuk pembentukan hormon dan pengiriman sinyal kenyang ke otak), protein yang banyak ditemukan dalam daging, ayam, ikan, telur, susu, tempe, dan tahu ini juga sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap aktif dan sehat

Ubah gaya hidup Anda, ubah pola makan Anda. Semoga tips menahan nafsu makan di atas dapat bermanfaat 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Mengendalikan Nafsu Makan
3 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap