Body Transformation: Anak Kos Juga Bisa Sehat!

June 20, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Body Transformation • Tags: , , , , , , ,  






Body Transformation: Anak Kos Juga Bisa Sehat!

Mery Yustina adalah mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Semenjak tinggal di kos pola makannya menjadi tidak teratur dan aktivitas fisik yang kurang membuat dirinya menimbun lemak setiap harinya.

Vital Stats
Nama: Mery Yustina

Umur: 18tahun
Tinggi: 166 cm
Berat: 60kg
Umur: 20tahun
Tinggi: 166 cm
Berat: 52kg

Mengapa Saya Mulai Fitnes?

Setelah pindah dari Kota Binjai, Medan dan mulai hidup sendiri di kos pola makan saya jadi berantakan. Kadang pagi tidak sarapan, kadang siang tidak makan, dan kalaupun makan ya bakso 😀 Jam tidur juga jadi tidak karuan, kadang tidur di saat subuh dan bangun di siang hari. Aktivitas saya juga sebatas kuliah, kerja tugas dan kegiatan organisasi di kampus tidak ada aktivitas olahraga rutin. Semakin hari saya merasa semakin ndut hohoho, alhasil kata “ndut” menjadi nama depan saya. Baju dan celana jadi sesak semua dan terpaksa harus disimpan di lemari dan hanya bisa dipandang saja 🙁

Sampai pada semester 5 saya memustukan untuk mulai nge gym, alias fitnes. Pada saat itu fitnes juga ogah-ogahan, udah bayar tiga bulan tapi masuknya jarang. Fitnes juga hanya sekedar tredmil, tredmil dan tredmil. Tidak ada perubahan signfikan, tetap saya ndut *sigh*. Sampai akhirnya sang kekasih juga mengenal dunia fitnes dan berkecimpung di dalamnya. Progres yang didapatkannya jauh lebih cepat, curang kan! Hingga akhirnya dia pun mengajarkan saya cara fitnes dan diet yang benar 😀 Hingga saat ini kami tetap aktif nge gym dan melakukan kegiatan kampus sehari-hari.

Bagaimana Saya Melakukan Kegiatan Fitnes?


Saya memulai gym yang serius setelah diberikan “ceramah” soal pola diet yang sehat dan sebagainya dari sang kekasih (makasih yaa 😀 ) akhirnya saya mengerti bahwa untuk dapat membakar lemak tubuh harus terus melakukan metabolisme. Artinya tubuh tidak boleh dibiarkan lapar, jadi konsekuensinya saya harus makan dalam porsi kecil sebanyak 5-6x sehari dengan komposisi rendah karbohidrat (karbohidrat kompleks: nasi merah/oats), tinggi protein (ikan tuna, dada ayam, udang, tahu, tempe), dan tinggi serat (sayuran seperti bayam, labu dan lain-lain). Pola latihan juga diganti yang tadinya hanya treadmill saya imbangi dengan latihan aerobik dan angkat beban. Di tempat gym di kossan saya setiap beberapa hari ada kelas aerobik, jika tidak ada kelas aerobik saya berlatih beban dan ditutup dengan cardio, dalam hal ini treadmill.

Kegiatan gym menjadi lebih menyenangkan karena bukan treadmill melulu dan pastinya hasil yang didapatkan membuat saya semakin bersemangat :mrgreen: Setelah kurang lebih 6bulan saya merasakan hasilnya, baju-baju yang dulu sudah bisa dipakai kembali dan tentunya menjadi lebih pede 😀 Sampai sekarang saya masih aktif melakukan kegiatan gym walaupun terkadang dalam seminggu bisa off sampai 5hari karena tugas kuliah yang menumpuk. Tetapi intinya selama aktivitas gym dilakukan dengan senang hati maka pasti kita semangat menjalaninya!

Suplementasi

Saya menggunakan  beberapa suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh seperti:

Ultimate Nutrition Prostar 100% Whey ProteinUltimate Nutrition Prostar 100% Whey Protein
(1scoop pagi, 1scoop segera setelah latihan)
Ultimate Nutrition Ultra Ripped
(2caps pagi, 2caps sebelum latihan)
Ultimate Nutrition BCAA Tablet
(2tablet pagi, 2tablet sebelum tidur)

Pola Makan

Usahakan untuk makan dengan komposisi protein yang paling tinggi dan hindari gorengan berminyak. Batasi karbohidrat tidak sehat seperti tepung, nasi putih, mie dan kawan-kawannya. Karena saya ngekos jadi memang agak susah untuk menerapkan pola makan yang sehat, tapi syukurlah di sekitar kampus masih ada yang menjual buah dan “clean food” 😀

Makan1 (breakfast)

Chicken BreastDada/paha ayam rebus/bakar
(tanpa kulit)
appleApel/Pear
1 buah
proteinWhey Protein
1scoop

Makan2 (lunch)

riceNasi merah
Setengah porsi
Chicken BreastDada/paha ayam rebus/bakar
(tanpa kulit)
saladSayuran
Bervariasi

Makan3 (after gym / afternoon snack)

proteinWhey Protein
1scoop
OatsOats
2-3sendok
saladSayuran
Bervariasi

Makan4  (dinner)

riceNasi merah
3-4sendok
Chicken BreastDada/paha ayam rebus/bakar
(tanpa kulit)
saladSayuran
Bervariasi

Makan5 (late night snack)

proteinWhey Protein                 ATAU
1scoop
appleApel/Pear
1 buah

(Makan buah selain dapat menahan lapar juga kaya akan vitamin lhoo)

Pola Latihan

Saya melakukan latihan aerobik, beban dan cardio. Waktu gym saya adalah 3-5x dalam seminggu, jika ada kelas aerobik maka saya akan mengikuti kelas aerobik dan jika tidak ada kelas maka saya akan melakukan latihan beban dan ditutup dengan cardio (treadmill) selama 30 menit. Saat melakukan latihan aerobik maupun beban usahakan lakukan dengan semaksimal mungkin, memang akan terasa panas dan sakit pada otot yang dilatih tetapi hasilnya pembakaran lemak menjadi lebih maksimal dan otot yang terbentuk akan mengencangkan bagian tersebut 🙂

Saran Untuk Yang Belum Fitnes

Mulailah berolahraga dengan teratur dari sekarang dan jalani hidup dengan pola makan yang sehat dan bersih! Bersih dari gorengan berminyak, fast food dan makanan minuman manis lainnya (walaupun terkadang saya ada cheat day :p ). Ketika saya melakukan cheat day maka keesokan harinya akan saya tebus dengan latihan yang berat sehingga kalori yang dibakar lebih banyak lagi. Buat cewek jangan takut latihan beban, cewek tidak akan kekar dan berotot seperti cowok kok. Jadikan gym sebagai gaya hidup untuk hidup sehat, anggap saja memperoleh tubuh yang ideal adalah BONUS nya 🙂 Ayo tunggu apalagi mulai gym dari sekarang!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Body Transformation: Anak Kos Juga Bisa Sehat!
15 votes, 4.93 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap