Berkeringat Belum Tentu Membakar Lemak

November 13, 2011 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , ,  







Banyak orang yang berpikir dengan berkeringat berarti sudah membakar lemak, dan tidak jarang kita melihat banyak kaum hawa khususnya, yang begitu senang ketika berjalan kaki di terik matahari dan berkeringat. Begitu juga di pusat-pusat kebugaran yang menyediakan fasilitas sauna, banyak yang memanfaatkan fasilitas tersebut berpanas-panas ria dan bermandikan keringat dengan tujuan serta harapan untuk membasmi lemak yang membandel. Namun tahukah Anda berkeringat belum tentu membakar lemak!

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang terletak dibawah kulit dimana kelenjar ini dihubungkan dengan saluran hingga ke permukaan kulit. Air dan sodium (garam) serta klorida merupakan komposisi utama dari keringat dimana air tersebut didapatkan dari ruang antar sel disekitarnya. Produksi keringat dari kelenjar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik secara internal (dalam tubuh) maupun eksternal (luar tubuh). Faktor-faktor internal seperti kondisi emosional dan metabolisme tubuh merupakan penyebab keringat. Sedangkan kondisi luar seperti panas udara yang masuk ke tubuh juga menjadi pemicu keluarnya keringat dalam jumlah banyak.

Jika Anda melakukan olahraga seperti aerobik, cardio maupun latihan beban Anda pasti mengeluarkan keringat, dan keringat ini merupakan hasil dari metabolisme tubuh yang terpacu karena gerakan-gerakan otot yang membutuhkan energi. Ketika otot membutuhkan energi maka sel akan membakar energi baik dari cadangan gula darah maupun dari asam lemak yang merupakan pecahan lemak dari lemak tubuh. Namun jika Anda berkeringat karena panas hal tersebut tidak ada kaitannya dengan pembakaran lemak. Ketika kita memperoleh panas dari luar maka tubuh akan beradaptasi dengan mendinginkan suhu didalamnya dengan mengeluarkan keringat. Karena saat keringat menguap maka panas akan terserap keluar dari tubuh.

Jadi keringat tidak melulu menandakan adanya pembakaran lemak, ingat lemak hanya bisa dihilangkan dengan cara dibakar. Bagaimana cara membakar lemak? Cara yang paling ampuh dan efektif untuk membakar lemak adalah menjaga pola makan yang baik dan olahraga serta istirahat yang cukup 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Berkeringat Belum Tentu Membakar Lemak
5 votes, 4.40 avg. rating (89% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap