Batasi Garam dan Gula Pada Makanan

October 18, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  







Kesadaran masyarakat akan pola makan yang sehat membuat raksasa industri makanan seperti PepsiCo atau McDonals terpaksa tunduk pada keinginan konsumen akan menu makanan yang sehat. Karena faktanya minuman softdrink dan makanan fast food mengandung gula dan garam yang sangat sangat sangat tinggi!

Perusahaan makanan cepat saji pun kini mulai mengubah komposisi resep mereka dengan mengurangi kandungan gula, garam, bahkan lemak. Kini, makanan yang dicari konsumen bukan hanya yang rasanya enak tapi juga sehat.

Tetapi tak mudah bagi kebanyakan orang yang lidahnya sudah terlanjur akrab dengan gula, garam, dan lemak, untuk makan makanan yang minim rasa. Meski begitu kita bisa mulai memprogram ulang lidah kita dengan mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan segar dan tidak terlalu banyak pemprosesan.

Berikut 10 tips membatasi konsumsi garam dan gula :

1. Olah dengan tepat
Cukup banyak bahan makanan yang sebenarnya memiliki rasa manis. Dengan pengolahan yang tepat kita bisa mengeluarkan rasa manis tersebut, misalnya dengan cara direbus sebentar atau dipanggang.

2. Bumbu herbal
Jangan ragu gunakan aneka bumbu. Apalagi negeri kita kaya akan rempah yang bisa menambah cita rasa masakan tanpa perlu penambah rasa lagi.

3. Tambahkan asam lemak sehat
Asam lemak sehat ditemukan dalam alpukat, kelapa dan tahini. Kandungan ini tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga membuat hidangan bertekstur creamy dan lezat.

4. Timbulkan rasa gurih
Untuk menimbulkan rasa gurih bisa ditambahkan cuka, pasta tomat, atau jamur kering pada berbagai hidangan.

5. Penggunaan rempah
Berbagai rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh, jahe, rawit dan merica akan menambahkan rasa ekstra pada makanan.

6. Tambahkan penguat rasa
Ekstrak vanila, biji vanila, atau mentega berbahan kelapa mungkin harus ada di dapur. Bila tidak ada, bisa digunakan perasan lemon untu menambah rasa.

7. Sesuaikan musim dan bahan lokal
Proses pengalengan memang bisa membuat kita mengonsumsi makanan yang tidak dipanen dari lahan di sekitar kita. Namun upayakan untuk mengonsumsi makanan lokal sesuai musimnya untuk memastikan kesegarannya.

8. Cairan tercukupi
Pencernaan dimulai dari air liur dalam mulut yang membantu tubuh merasakan aneka rasa dalam makanan. Bila tubuh dalam keadaan dehidrasi dan air liur akan berkurang sehingga rasa makanan tidak bisa dinikmati dengan baik.

9. Periksa obat yang dikonsumsi
Tahukah Anda, beberapa jenis obat akan mengganggu kemampuan tubuh merasa dan mencium. Konsumsi obat tertentu juga akan menyebabkan rasa tidak enak di mulut.

10. Nutrisi
Kurang gizi juga bisa menyebabkan kemampuan mencium dan merasa makanan berkurang. Kekurangan mineral zinc adalah salah satu penyebab kepuasan makanan jadi berkurang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Batasi Garam dan Gula Pada Makanan
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap