Arti Kode Istilah Tracking Resi JNE

April 25, 2015 • Posted by RumahFitnes.com in News • Tags: , ,  







JNE adalah salah satu penyedia layanan kiriman barang di Indonesia yang sangat populer. Rata-rata toko online  di Indonesia menggunakan layanan JNE untuk mengirimkan paket kiriman kepada pemesan yang tersebar di seluruh area Indonesia. Jika Anda sudah menerima resi pengiriman, Anda sudah dapat melakukan pengecekan resi JNE secara online untuk mengetahui status kiriman Anda (cek resi JNE di sini!).

Biasanya akan muncul istilah status tracking JNE yang terdengar asing bagi Anda, berikut adalah kumpulan kode atau istilah tracking resi JNE.

arti kode tracking JNE

Kode Istilah Status Pengiriman JNE

Jika pengiriman lancar, maka status yang biasanya muncul adalah sebagai berikut:

Status Arti Status Kiriman JNE
Manifested Barang yang akan dikirim sudah diterima di JNE, sudah siap dan menunggu proses pengiriman.
On Transit Paket yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan diikutkan dengan jadwal pengiriman menuju kota tujuan.
On Process Paket sedang dalam proses pengiriman, kalau masih pada tahap ini biasanya agak lama menunggu updatenya.
Received On Destination Maksudnya barang sudah diterima di JNE kota tujuan pengiriman, tapi masih belum dikirim ke alamat tujuan.
Delivered Artinya paket sudah diterima di alamat tujuan, bila anda tidak di tempat segera hubungi orang satu rumah anda untuk konfirmasi.

Namun jika pengiriman paket Anda mengalami kendala, maka berikut adalah istilah yang mungkin saja muncul pada status kiriman Anda:

Status Arti Status Kiriman JNE
AU (Antar Ulang) Barang anda sudah dibawa untuk dikirim tapi karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya maka akan diulangi kembali hari ini.
BA (Bad Address) Alamat yang dituju tidak jelas atau salah. Hal ini bisa disebabkan kesalahan pada penulisan alamat, nomor RT/RW, nomor jalan, nomor rumah, kodepos, nomor gang, dan sebagainya.
MR (Misroute) Pengiriman salah menggunakan jalur atau menggunakan tujuan yang salah. JNE akan segera membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan.
CC (Criss Cross) Paket yang dikirim tertukar dengan paket lain.
Redelivery Paket akan dikirimkan kembali, ini bisa disebabkan penerima tidak ada di rumah.
Closed Once Delivery Attempt Paket telah diantar kurir JNE ke alamat tujuan, tetapi alamat penerima ternyata salah atau kosong. Kalau muncul status ini sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE di kota anda.
Cnee Unknown (Consignee Unknown) Nama penerima paket tidak dikenali di tempat tujuan pengiriman, atau nama orang tersebut tidak tinggal di alamat tujuan. Ini bisa jadi disebabkan kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.
NTH (Not at Home / Not Home) Saat paket tersebut diantar ke alamat tujuan tidak ada orang yang menerimanya.
Box Delay Barang ada di JNE tapi tidak dikirimkan karena alamat salah atau tidak lengkap. Disarankan untuk langsung mengambil di kantor pusat JNE kota setempat. (Tambahan dari mas Adnan)
Box Undel (Box Undelivered) Paket sudah dikirim ke alamat tujuan tapi tidak orang di tempat dan sudah dihubungi berkali – kali melalui nomor telepon yang tercantum tidak ada respon. (Tambahan dari pertanyaan mbak Icha)
Status Kosong Ini bisa disebabkan kesalahan input data paket di JNE asal pengiriman, masih belum diupdate oleh agen JNE, barang yang dikirim belum masuk tahap Manifest, atau ada error pada database JNE.
Invalid Bag Status ini berarti paket anda salah masuk tas (invalid bag) sehingga ikut dikirimkan melalui jalur yang salah. Karena sudah dikenali bahwa barang tersebut tidak seharusnya dimasukkan dalam bag lain maka silahkan tunggu saja sampai ada update status JNE berikutnya. Status JNE yang ini juga baru saya sendiri mengalaminya.
LBA (Luar Batas Antar) Lokasi tujuan pengantaran paket di luar zona pengiriman JNE, biasa disebabkan alamat yang tertera letaknya di tempat terpencil. Silahkan hubungi kantor cabang JNE setempat untuk mengambil sendiri paketnya.
AU to OPS Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali.
HO / Hold Paket sedang ditahan oleh pihak JNE, hubungi kantor JNE di kota anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
Hand Over Paket tersebut telah diserahkan ke pihak lain untuk diteruskan, biasanya adalah agen JNE lain yang lebih dekat dengan lokasi tujuan pengiriman.
HVS (High Value Shipment) Barang yang dikirimkan termasuk kategori benda berharga atau bernilai tinggi.
CL Maksudnya saat kiriman diantar ke alamat tujuan tapi keadaannya tutup atau kosong.
Pending Undel Artinya paket tidak terkirim (Undelivered) dan masih ditunda (Pending) proses berikutnya. Lebih baik anda ambil sendiri di agen JNE kota anda kalau status ini yang muncul.
FW (Forward) Paket diteruskan ke agen JNE di kota tujuan.
HO TO HVS Barang yang dikirimkan ditahan (Hold) pada bagian pengiriman benda berharga (High Value Shipment).
AU EX UNDEL Paket akan dikirim ulang karena sebelumnya tidak bisa diantar ke alamat tujuan.
Handover Closing Barang tersebut sedang dalam proses pengiriman ke kota tujuan.
Bt (Masih spekulasi) Paket batal dikirimkan pada waktu itu, dan sedang menanti proses pengiriman berikutnya. Ini disebabkan terjadinya masalah operasional JNE di lokasi bersangkutan.
Hold Rusak Status ini menginformasikan bahwa paket anda ditahan karena telah terjadi kerusakan, biasanya akan dituliskan juga dimana lokasi kejadiannya di akhir status.
Ada Jadwal Antar Paket telah diikutkan pada jadwal antar dan menunggu gilirannya.
Lain-lain Status ini digunakan kalau paketnya belum diketahui keadaannya atau tidak ada alasan khusus.
HO TO SHODIQ Paket anda ditahan pada bagian JNE yang tercantum
TLP Cnee NR Nomor telepon penerima sudah dihubungi tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir.
BTA *Masih belum diketahui*
HVS MOBIL TO *Spekulasi* Benda bernilai tinggi diantarkan menggunaka mobil menuju alamat penerima.
Box Hvs Seg Barang berharga sudah berada di agen JNE pada kode lokasi yang dituliskan di akhir status.
AS INFO SHIPP DI (AS KURIR) *Spekulasi* Barang anda sudah berada di tangan kurir dan sedang dalam proses pengantaran.
Box Safety HVS Paket termasuk barang bernilai tinggi dan dimasukkan dalam bagian yang diamankan untuk mencegah kerusakan atau kehilangan.
Salah Area Barang anda terbawa ke agen JNE di wilayah lain, dan akan dikirimkan kembali ke tujuannya yang tepat.

Layanan Customer Service JNE

Jika Anda menemui kendala pada pengiriman Anda silahkan hubungi pusat layanan JNE :

Head Office JNE
Jl. Tomang Raya No. 45 Jakarta 11440 Indonesia
Telp. (021) 2927 8888, 566 5262, 563 3232
Fax. (021) 567 1413
email : customercare@jne.co.id

Semoga informasi ini bermanfaat, jika Anda ingin cek ongkir dan resi JNE silahkan klik di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Arti Kode Istilah Tracking Resi JNE
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap