8 Tips Memaksimalkan Pertumbuhan Otot

December 5, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  

Pages: 1 2








5. Tambahkan dropset
Selama berlatih dengan 3-4 set Anda akan merasakan di set terakhir repetisi Anda akan berkurang dan merasakan panas dan pegal pada otot. Hal ini berarti otot telah dirusak namun sebenarnya belum maksimal. Rasa panas yang Anda rasakan merupakan kelelahan otot namun kerusakannya masih bisa dimaksimalkan lagi.

weight lifting

Caranya dengan melakukan latihan dropset, di set terakhir misalnya Anda melakukan bench press 25-25kg sebanyak 8repetisi, langsung kurangi beban menjadi 22-22kg dan angkat semaksimal mungkin repetisi yang dapat Anda capai, lalu kurangi lagi beban menjadi 20-20kg dan angkat lagi semaksimal mungkin. Hal ini akan menunjang perusakkan otot yang sangat maksimal sehingga pertumbuhan massa otot menjadi lebih besar dapat tercapai.

6. Kurangi kardio yang berlebihan
Kardio memang baik untuk mengurangi lemak berlebih pada tubuh, namun kardio yang berlebihan malah akan menjadi bumerang bagi Anda. Kardio berlebih akan memakan banyak kalori tubuh, jika kalori tubuh habis maka otot akan menjadi sasaran utama tubuh, di mana otot akan diubah menjadi energi.

cardio

Tentu Anda tidak ingin otot yang telah dibangun habis begitu saja karena berlari bukan?

7. Gunakan negative-movement
Negative movement adalah teknik mengangkat beban di mana Anda menurunkan beban atau release weight dengan perlahan. Dengan melakukan gerakan menurunkan beban secara perlahan maka otot yang dilatih akan mendapatkan fokus beban yang maksimal, hal ini dapat Anda rasakan dengan rasa panas yang menyelimuti otot Anda. Negative movement membuat gerakan Anda menjadi sempurna, dibanding dengan mengangkat beban secara asal-asalan.

8. Fokus pada pemulihan otot
Setelah berlatih dengan teknik-teknik di atas maka jangan lupa untuk fokus pada pemulihan otot yang telah dirusak. Pemulihan otot merupakan hal yang sangat penting. Otot bertumbuh ketika Anda beristirahat bukan pada saat Anda melakukan latihan oleh sebab itu tidur yang cukup (minimal 8jam), atur pola makan yang sehat karbohidrat secukupnya, protein dan serat yang tinggi, serta suplementasi yang tepat.

Anjuran suplemen untuk pemulihan otot yang maksimal adalah whey protein di pagi hari dan segera sesudah latihan untuk mengganti nutrisi yang hilang dengan cepat, dan mix blend protein/casein protein sebelum tidur agar selama tidur otot Anda terus diberikan asupan gizi. Anda juga dapat menambahkan suplemen seperti BCAA atau amino disela-sela waktu makan Anda.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
8 Tips Memaksimalkan Pertumbuhan Otot
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap