7 Kesalahan Utama Dalam Melakukan Bench Press

December 2, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  

Pages: 1 2







4. Pinggang yang bergoyang
Ingat bahwa latihan bench press merupakan latihan otot dada sehingga pinggang Anda tidak perlu ikut bergoyang.

Pinggang bergoyang akan mengurangi fokus beban pada otot yang dituju yaitu otot dada Anda.

5. Repetisi yang tidak penuh
Partial reps atau dalam bahasa Indonesia setengah repetisi merupakan keadaan di mana Anda tidak melakukan kegiatan mengangkat beban secara penuh dari posisi awal ke posisi akhir. Sebagai contohnya sewaktu menurunkan beban saat latihan bench press Anda tidak menurunkan tiang beban menyentuh dada Anda, hal tersebut dinamakan partial reps. Anda harus menurunkan beban sampai menyentuh dada dan kemudian mengangkatnya kembali sampai kedua lengan Anda lurus. Itulah yang dinamakan full reps atau repetisi penuh.

Repetisi yang tidak penuh tidak akan memberikan hasil maksimal, memang bench press akan terasa sangat berat ketika Anda menyentuhkan tiang beban sampai di dada Anda namun ingatlah berat tersebut yang kita cari untuk memaksimalkan pertumbuhan massa otot.

6. Pantulan dada
Beberapa dari Anda mungkin melakukan hal ini saat menurunkan beban ke dada dan menyentuh dada, Anda seakan memantulkan beban dari dada Anda untuk membantu mengangkat beban ke atas. Hal tersebut dikenal dengan istilah chest trampoline.

Memantulkan beban dengan bantuan pantulan tentu saja merupakan kecurangan dalam melakukan bench press, membuat beban menjadi lebih ringan dan tentu saja otot dada Anda tidak akan mendapatkan kerusakan maksimal.

7. BEBAN YANG TERLALU BERAT
Banyak fitness mania yang selalu menggunakan beban melebihi kemampuan mereka, entah karena gengsi atau karena ingin mengejar target yang jelas menggunakan beban yang terlalu berat akan membuat gerakan Anda salah dan berbahaya bagi tubuh Anda. Beban yang terlalu berat seringkali merupakan penyebab utama enam kesalahan di atas yang telah dijelaskan.

Gunakan beban yang sesuai dengan kemampuan Anda, pastikan gerakan Anda benar dan rasa sakit, panas dan pegal ada pada otot yang Anda latih. Dengan begitu hasil yang akan didapatkan akan maksimal sebab beban tertuju benar-benar pada otot yang Anda latih.

Demikian tujuh kesalahan umum pada latihan bench press, jika Anda merasa telah melakukan kesalahan tersebut maka segeralah diperbaiki 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
7 Kesalahan Utama Dalam Melakukan Bench Press
2 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap