7 Kesalahan Utama Dalam Melakukan Bench Press

December 2, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  

Pages: 1 2








Latihan bench press merupakan latihan untuk melatih otot dada yang sangat umum dilakukan oleh fitness mania. Bench press telah terbukti dapat menambah massa otot dada sehingga latihan ini merupakan latihan wajib dalam setiap sesi latihan otot dada. Namun tahukah Anda ada 7 kesalahan utama dalam melakukan bench press, dan bisa saja Anda masih melakukan kesalahan tersebut.

Berikut 7 kesalahan utama dalam melakukan bench press serta bagaimana cara melakukan bench press yang benar :

1. Kaki yang bergoyang
Jika Anda ingin merasakan sensasi berat yang sebenarnya dari latihan bench press maka Anda harus mengkoordinasi setiap bagian dari tubuh Anda untuk memfokuskan beban pada otot dada Anda, dan bukan pada bagian tubuh yang lainnya. Tidak jarang dalam melakukan bench press banyak orang mengangkat kaki mereka atau bahkan menggoyang-goyangkan kaki mereka saking beratnya beban yang diangkat. Hal tersebut tidak akan memberikan pengaruh positif terhadap hasil bench press yang Anda lakukan, bahkan memberikan pengaruh negatif sebab bagian tubuh lain ikut bergoyang sehingga beban maksimal tidak terasa di otot dada Anda.

Agar hasil bench press Anda maksimal maka usahakan agar kedua kaki Anda diam menginjak lantai dan fokuskan beban pada otot dada anda.

2. Lengan yang tidak seimbang
Bagi para fitness mania yang baru melakukan latihan bench press pasti lengannya bergoyang saat mengangkat beban ke atas. Fokuskan perhatian Anda pada kedua lengan untuk mengangkat tiang beban dengan lebar kedua lengan melebihi lebar bahu Anda. Jika Anda tidak fokus maka saat menurunkan dan menaikkan beban lengan Anda akan bergoyang dan hasilnya tidak akan maksimal.

Rasakan beban yang sama rata di lengan kiri serta lengan kanan Anda dan turunkan beban secara perlahan ke dada Anda, rasakan beban tersebut di otot dada serta otot tricep Anda. Jika Anda tidak merasakan beban dikedua otot tersebut maka gerakan Anda salah.

3. Bahu yang bergerak maju mundur
Saat melakukan bench press hanya ada dua sendi tubuh Anda yang bergoyang, yaitu sendi pada siku dan sendi pada bahu. Saat mengangkat dan menurunan beban biasanya sendi pada bahu Anda bergoyang maju atau mundur. Hal tersebut akan mengurangi fokus beban pada otot dada.

Konsentrasi pada kedua sendi bahu Anda dan turunkan beban secara perlahan ke dada Anda. Pastikan bahwa sendi bahu hanya bergerak ke atas dan ke bawah, bukan ke depan dan ke belakang.

Baca selanjutnya 7 Kesalahan Utama Dalam Melakukan Bench Press!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
7 Kesalahan Utama Dalam Melakukan Bench Press
2 votes, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap