6 Tips Mempercepat Pemulihan Otot

February 20, 2013 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , ,  







Pemulihan otot merupakan hal yang sangat penting dalam dunia binaraga. Jika Anda telah melakukan latihan beban dengan berat maka sel-sel otot Anda akan dirusak.

Pada saat Anda berisitirahat sel-sel otot yang rusak ini akan dibangun kembali menjadi lebih besar dan kuat. Oleh sebab itu untuk mendapatkan otot yang besar dan kuat Anda perlu memaksimalkan pemulihan otot.

Berikut 6 Tips Mempercepat Pemulihan Otot:

1. Melakukan Pendinginan
Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan di awal latihan. Ibarat mobil yang melaju kencang kemudian berhenti mendadak, penumpang di dalam mobil akan terbentur dan berantakan. Begitu pula dengan tubuh Anda. Setelah melakukan latihan intens, turunkan pedal gas tubuh Anda secara perlahan dengan pendinginan. Selain mencegah cedera, pendinginan yang cukup juga bisa memaksimalkan proses pemulihan tubuh Anda.

2. Ganti Cairan Tubuh yang Hilang
Selama latihan, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga cairan tubuh akan berkurang. Mengganti cairan tubuh yang hilang diperlukan untuk kelangsungan proses metabolisme tubuh dan memaksimalkan transportasi nutrisi menuju sel-sel tubuh Anda, sekaligus membantu menstablikan suhu tubuh yang tinggi selama latihan.

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Nutrisi Untuk Pemulihan
Makanan yang Anda konsumsi setelah selesai berlatih sangat diperlukan untuk proses pemulihan dan perbaikan tubuh setelah latihan. Secara khusus, makan setelah latihan berguna untuk meningkatkan pembentukan otot, mengurangi nyeri, serta mempercepat pemulihan tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda setelah berlatih, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung protein dan karbohidrat (karbohidrat simple). Anda bisa mendapatkan karbohidrat cepat serap yang terdapat pada buah-buahan seperti pisang. Sedangkan untuk kebutuhan protein Anda bisa mendapatkannya dari whey protein, putih telur, atau dada ayam ditambah dengan buah-buahan segar seperti apel, jeruk, atau stroberi yang menyediakan berbagai vitamin dan mineral.

4. Dapatkan Tidur Berkualitas
Anda biasa mendengar bahwa orang perlu tidur minimal 7 jam sehari. Namun terkadang tidur dalam waktu tersebut tidak menyelesaikan masalah, apalagi jika tidur yang Anda dapatkan tidak berkualitas. Tidur berkualitas bisa diukur dari terbangunnya Anda dari tidur tanpa bantuan alarm.
Latihan rutin bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. So, setelah latihan cobalah untuk mendapatkan tidur berkualitas agar proses pemulihan tubuh dan perkembangan otot berlangsung optimal.

5. Mandi
Tepatnya mandi air hangat selama 2-3 menit dan dilanjutkan dengan air biasa selama 30 detik, dilakukan secara bergantian selama 4 kali. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk melebar sehingga aliran darah kembali lancar. Sedangkan air dingin dapat mencegah kram dan nyeri otot.

6. Tambahkan Suplemen Penunjang
Suplemen fitness akan sangat membantu Anda memaksimalkan pemulihan otot. Suplemen protein, asam amino dan BCAA dapat membantu tubuh menyembuhkan otot yang telah dirusak dan sehingga dengan cepat Anda dapat bergegas kembali melakukan aktivitas dan latihan fisik Anda.

Semoga tips singkat mempercepat pemulihan otot ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan silahkan tinggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
6 Tips Mempercepat Pemulihan Otot
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Kirim Komentar:

 
 
© RumahFitnes.Com 2012 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap