6 Manfaat Diet Dengan Kopi

November 18, 2014 • Posted by RumahFitnes.com in Nutrition • Tags: , , , , ,  







Kopi tentu mudah didapatkan dimana saja, bagi pencinta kopi tidak diragukan lagi kemampuan merasakan keaslian ataupun kelezatan yang diberikan oleh kopi tersebut.

Bahkan bagi sebagian orang kopi sudah merupakan minuman wajib, bagaikan istilah “Satu hari rasanya tidak lengkap tanpa minum kopi”. Dan ternyata kopi dapat membantu diet kita lho! Yuk kita intip manfaat – manfaat kopi :

1. Konsumsi Mudah Berkeringat
Menurut penelitian di Inggris disebutkan bahwa orang yang mengkosumsi kopi instan lebih dari 4 cangkir sehari memiliki kemungkinan meningkatkan produksi keringat. Hal ini karena kopi mampu merangsang sistem kelenjar saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat sehingga makin tinggi kandungan kafein yang dikonsumsi akan semakin banyak keringat yang keluar.

2. Dehidrasi
Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu Anda untuk lebih banyak mengeluarkan urin, sehingga menyebabkan tubuh banyak kehilangan cairan. Dehidrasi ditandai dengan warna gelap dalam urin. Sebenarnya Anda tidak akan mengalami dehidrasi hanya dengan mengkonsumsi kafein, bila mengkonsumsinya tidak lebih dari 500 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir. Jadi batasi minum kopi, maksimal 2 gelas sehari.

3. Kopi Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan anti oksidan pada kopi mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik. Setiap cangkir kopi hampir mengandung 2 gram serat yang mudah larut. Bahkan kandungan serat dalam kopi ini lebih tinggi jika dibandingkan minuman lain seperti jus anggur maupun jus jeruk.

4. Minum Kopi Mengurangi Resiko Diabetes Tipe Dua
Meminum kopi 1-3 cangkir sehari dapat mengurangi resiko diabetes hingga 10%, sedangkan konsumsi lebih dari 6 cangkir sehari akan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe dua sebanyak 54% untuk pria dan sekitar 30% untuk wanita.

5. Kopi Mengurangi Resiko Beberapa Penyakit Lain
Mengkonsumsi kopi secara teratur mampu mengurangi resiko penyakit Parkinson sebanyak 60%. Bagi mereka yang tidak meminum kopi, justru terkena resiko penyakit kanker kolon, sirosis hati dan juga batu empedu. Bagi pria, meminum kopi mampu membuat ‘sperma’ berenang lebih cepat dan meningkatkan kesuburannya. Selain itu kopi juga mampu mengurangi sakit kepala serta penyakit asma. Pada penderita asma, kopi membantu melebarkan saluran bronchial sehingga pernafasan kembali lega.

6. Konsumsi Kopi Mengimbangi Resiko Buruk Merokok
Selain manfaat mengurangi resiko beberapa penyakit, mengkonsumsi kopi juga mampu mengimbangi efek buruk bagi perokok dan juga peminum berat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang perokok dan peminum berat akan memiliki resiko penyakit jantung dan gangguan lever lebih rendah jika memiliki kebiasaan meminum kopi secara teratur. Namun tentunya hal ini bukan merupakan justifikasi Anda untuk tetap merokok dan minum minuman beralkohol ya!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
6 Manfaat Diet Dengan Kopi
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap