3 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Pelari

December 3, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  






Pelari dan binaraga merupakan dua hal yang berbeda, kebiasaan latihan pelari akan sangat berbeda dengan kebiasaan latihan binaraga. Walupun demikian ada beberapa orang yang mengkombinasikan kedua hal ini yaitu menjadi pelari dan binaraga.

Jika Anda ingin hasil yang optimal maka fokuslah pada salah satu hal saja yaitu menjadi seorang atlit lari atau menjadi seorang binaraga atau fitness model.

Terlalu banyak berlari akan menghambat proses pembentukan otot, cardio memang perlu untuk mengikis lemak berlebih namun terlalu banyak berlari akan menyusutkan otot. Oleh sebab itu banyak binaraga yang tidak melakukan olahraga lari melainkan hanya melakukan latihan cardio dengan intensitas rendah.

Namun jika Anda adalah seorang atlit lari atau seorang yang ingin fokus pada olahraga berlari maka ada beberapa hal harus Anda perhatikan, dan berikut ini adalah tiga kesalahan yang biasa dilakukan oleh pelari:

1. Mengkonsumsi terlalu sedikit protein
Siapa bilang protein hanya penting bagi binaraga, kenyataannya protein adalah nutrisi utama yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup apalagi bagi manusia yang aktif dalam berolahraga. Protein penting bagi pelari untuk menjaga massa otot nya, jika seorang pelari kekurangan kalori saat berlari maka protein merupakan substansi utama yang akan digunakan. Jika konsumsi protein terlalu rendah maka tubuh akan mengalami kekurangan protein yang akan berakibat pada menyusutnya massa otot yang akhirnya akan berdampak buruk pada performa lari. Jumlah protein yang direkomendasikan adalah 1.5gram per kilogram berat tubuh.

running

2. Tidak mengkonsumsi kalori yang cukup
Para pelari tidak jarang mengkonsumsi kalori yang rendah karena berpikir untuk berlari sekaligus membakar lemak. Namun hal tersebut salah karena saat berlari dan kekurangan kalori maka yang akan ikut dibakar pertama kali adalah otot, sebab saat berlari tubuh memerlukan bahan bakar dan ketika kalori habis maka otot akan dijadikan sumber bahan bakar utama karena otot mudah untuk dipakai. Tidak seperti lemak yang memerlukan waktu lebih lama untuk diurai menjadi energi. Oleh sebab itu selalu pastikan Anda mengkonsumsi cukup kalori sebelum berlari.

3. Mengkonsumsi terlalu banyak kalori
Mengkonsumsi terlalu banyak kalori juga salah. Banyak pelari berpikir karena mereka terus berlari maka mereka bebas untuk menyantap apa saja yang mereka inginkan. Hal ini diperburuk dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan utama karbohidrat seperti pasta, bagel, roti, dan es krim. Tentu saja sumber karbohidrat simpel seperti ini akan menambah lemak pada tubuh yang akan mengurangi perforam lari Anda. Cukupilah kebutuhan kalori Anda dengan mengkonsumsi protein yang lebih banyak dan lemak yang sehat untuk pola diet yang sempurna

Kesimpulan:
Jika Anda adalah seorang pelari atau seorang binaraga yang memiliki hobi atau passion dalam berlari maka pastikan Anda tidak membuat kesalahan di atas. Kesalahan-kesalahan tersebut bukan hanya akan merusak progress latihan Anda namun akan memberikan masalah kesehatan yang juga serius.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
3 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Pelari
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap