3 Kesalahan Umum Dalam Latihan Rutin Gym

November 30, 2012 • Posted by RumahFitnes.com in Training • Tags: , ,  







Tujuan kita melakukan aktivitas gym adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat secara jasmani dan rohani. Oleh sebab itu gerakan yang benar merupakan hal yang sangat penting untuk menjauhkan Anda dari cidera (Baca: Cara Menanggulangi Cidera Otot).

Berikut tiga kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh fitness mania dalam melakukan latihan gym:

1. Barbell Squat
Kesalahan utama latihan barbell squat:
Biasanya dalam melakukan gerakan squat Anda akan berjinjit atau bertumpu pada ibu jari kaki Anda dan kedua lutut Anda bergoyang saat mengangkat beban.

Solusi:
Lakukan gerakan squat di depan cermin dan cermati bagian kaki Anda, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas bagian mana saja dari kaki Anda yang salah saat melakukan gerakan squat. Jika kesalahan tersebut berulang kali Anda lakukan maka kurangi beban squat Anda.

2. Barbell Curls
Kesalahan utama latihan barbell curls:
Kebanyakan orang sering menggunakan beban yang sangat berat saat melakuan latihan ini, dan jika diperhatikan saat mengangkat beban mereka menggunakan momentum tubuh seperti pantulan ke atas dengan dorongan dari tulang belakang. Hal ini menyebabkan beban yang ingin difokuskan terhadap otot bicep malah beralih ke tulang belakang Anda.

Solusi:
Gunakan beban  yang sesuai dengan kemampuan Anda, lakukan gerakan barbell curls dengan sempurna dari posisi awal hingga posisi akhir. Anda harus merasakan beban yang terfokus pada otot bicep dan bukan dibantu dengan otot lainnya.

3. Military Press
Kesalahan utama latihan military press:
Awalnya gerakan ini dilakukan dengan benar dengan menurunkan beban hingga menyentuh dada lalu mengangkatnya kembali ke atas kepala. Namun seiring berjalannya repetisi tidak jarang tulang belakang Anda akhirnya melengkung membentuk huruf U yang sempurna. Hal tersebut menyebabkan beban ditanggung oleh tulang belakang dan akan menyebabkan cidera yang serius.

Solusi:
Gerakan ini ditujukan untuk melatih otot bahu sehingga beban seharusnya bertumpu pada kedua bahu Anda. Gunakan beban yang ringan terlebih dahulu untuk mempelajari rasa tumpuan beban pada kedua bahu Anda. Usahakan untuk tidak menumpu beban pada tulang belakang dan terus paksakan otot bahu Anda untuk mengangkat beban. Semakin sakit dan panas otot bahu Anda maka semakin benar Anda melakukan gerakan tersebut.

Ketiga gerakan di atas merupakan gerakan yang paling umum dilakukan saat Anda gym, oleh sebab itu benar-benar pahami gerakan yang benar agar hasil yang maksimal dapat tercapai 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
3 Kesalahan Umum Dalam Latihan Rutin Gym
1 vote, 5.00 avg. rating (98% score)

Kirim Komentar:

 
Connect With Us:
 
© RumahFitnes.Com 2015 All rights reserved. About | Contact us | Term of Use | Sitemap